PENERAPAN MEDIA WAYANG GOLEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK USIA DINI

Authors

  • Cici Siti Solihah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada pada anak bahwa pembelajaran menyimak pada anak kelas B belum berkembang khususnya pada kegiatan bercerita. Ketika guru melakukan proses pembelajaran dengan becerita , anak kurang berminat menyimak guru bercerita tanpa menggunakan media, saat guru mengajukan pertanyaan mengenai cerita yang didengar anak tidak mampu menjawabnya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui media wayang golek pada anak kelas B di PAUD KB An Nur Desa Beber Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian PTK.Tiap siklus terdiri dari 5 tahapan : Identifikasi Masalah, Pengumpulan Data, Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Aktivasi, Penilaian Hasil. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak dari Kelompok B berusia antara 5-6 tahun yang berjumlah 20 anak tahun ajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari Observasi, Catatan Lapangan, Dokumentasi.Instrumen yang digunakan terdiri dari Instrumen Performa Kemampuan Menyimak Cerita, Observasi, Catatan Lapangan, Observasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari Analisis Data Deskriptif Kualitatif, Teknik Pengolahan Data Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Media Wayang Golek dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada anak kelas B PAUD KB An Nur Desa Beber Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Peningkatan keterampilan menyimak cerita tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata keterampilan menyimak cerita. Pada indikator menyebutkan tema cerita dengan nilai rata-rata 3,3 sedangkan pada indikator menjawab pertanyaan tentang sifat tokoh dalam cerita dengan nilai rata- rata 3,1 selanjutnya pada indikator menceritakan kembali cerita yang sudah disimaknya 2,7. Berdasarkan data dalam penelitian ini adalah anak dapat menjawab pertanyaan guru seputar isi cerita dan anak dapat menceritakan kembali cerita yang sudah disimaknya, penelitian ini direkomendasikan untuk menjadi model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan meyimak cerita.

Keywords:

Media Wayang Golek , Keterampilan Menyimak, Bercerita

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika : Pendidikan Dasar, 8, 51. doi : jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/.../881

Ani, Y. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi Dan Latar
Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Program Studi PGRA,3, 25. doi : http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/202/184
Angeline. (2014). Perancangan Flashcard Sebagai Media Untuk Pembelajaran Bahasa Jepang Sekaligus Memperkenalkan Kebudayaan Jepang. Jurnal DKV Adiwarna,1,4. doi: http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1915
Amalia, L.(2017). Studi Kasus Pada Mahasiswa Slow Learner Dalam Menyimak .Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah,7,3. doi : http://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/268
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif, Jurnal Pendidikan Agama Islam,6, 20. doi : http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/166
Ariyanti, Y.(2014). Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Di Kelompok A. PAUD Teratai : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,3, 4.6. doi : http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7677
Arman, A.(2016). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik.Jurnal Manejemen Pendidikan,1, 23. doi : http://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/jmp/article/view/57
Agustini, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2,4.9. doi : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3148
Delfita, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pesona PAUD, 1,8.doi : http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1700
Dewi , C. (2016). Penerapan Permainan Konstruktif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Taman Kanak-Kanak. . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4,18. doi : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7315
Doludea, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas.Jurnal Ceria : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1,5. doi : https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/.../56/pdf
Fatmah, F. (2018). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Manejemen dan Kepemimpinan,3, 105. doi : https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1865
Halimah, L .(2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung :Refika Aditama.
Hermawan, H. (2012). Menyimak, Keterampialn Berkomunikasi yang terabaikan.Yogyakarta : Graha Ilmu
Hayati, N. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Wayang Huruf Pada Kelompok B Tk Kasih Ibu Kota Semarang Tahun Pelajaran. Jurnal PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 21. doi : http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/1683
Hidayah, N. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Tk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4,18. doi :https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7806
Hijriati.(2016). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini,2, 14. doi :
jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/.../1506
Indrawati, L. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok B.PAUD Teratai : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1,14. doi : http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/639
Indarwati, A. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. PSYCHO IDEA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2,27. doi : jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/.../1854
Komang, N. (2017). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2,11. doi : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3264/2704
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak.Jakarta : Pustaka Rineka Cipta.
Meiliana, D.(2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Pendidikan Anak Usia Dini, 3,90. doi :
Mulyati . (2012). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Permainan Pesan Berantai. Jurnal Pesona Paud, 1, 2-3. doi : ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1637
Maryanti. (2017). Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat. Jurnal Jurnal Kreatif Tadulako : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 2. doi : http://jurnalstkipsubang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/6
Maharani, OD. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca.Jurnal Pendidikan Dasar :Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitan, 3,325. doi :https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/1646
Marthyanne, I. , (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 1, 11 doi : http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1332
Maharani, Ayunda. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Alam Di Kelompok A. PAUD Teratai : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, 2 doi : http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11337
Marianti, E. (2014). Penerapan Model Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Di Tk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2,4.7 . doi : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3062
Novianti, R. (2012). Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya ,1, 13 doi :https://media.neliti.com/media/publications/22930-ID-teknik-observasi-bagi-pendidikan-anak-usia-dini.pdf
Paizaluddin ,P. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Bandung : Alfabeta.
Pudjaningsih, Wiwik.(2013). Metode Pengembangan Bahasa : Penerapannya Pada Pembelajaran Berbasis Tema dan Sentra Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Jambi, 3, 86-87. doi : https://online-journal.unja.ac.id/index.php/pena/article/view/223
Pratiwi, Putri. (2016). Penggunaan model cooperative script untuk meningkatkan Kemampuan menyimak siswa kelas v sdn bulak 1 bendo magetan. Jurnal Metamorfosa, 4, 84-85. doi http://metamorfosa.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/45/45
Pebriana, PH. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa Dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,1,29. doi :

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Solihah, C. S. (2023). PENERAPAN MEDIA WAYANG GOLEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK USIA DINI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4647