IMPLEMENTASI METODE READ ALOUD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10

Authors

  • Taminih Taminih

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah bahwa metode pembelajaran sangat diperlukan, agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Salah satu caranya yaitu menggunakan metode read aloud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode read aloud dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian di TK Cendrawasih Tinumpuk. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah TK Cendrawasih, dan guru. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, buku-buku, dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumen-dokumen catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode read aloud dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 sudah efektif dapat dilihat dari data-data yang peneliti lakukan diantaranya RPP, observasi, wawancara dan dokumentasi. Guru sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa dapat dilihat ketika guru mengajukan pertanyaan atau feedback kepada siswa, siswa mampu menjawab sesuai dengan yang diharapkan, sekarang tidak ada lagi siswa yang tidak paham dengan mengenal angkan 1-10.

 

Keywords:

Metode Read Aloud, Kemampuan mengenal Angka 1-10

References

Aisyah, Mu’min, S. (2013). Teori Perkembanga Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 6 No. 1 Januari-Juni 2013
Bayu Aditama, W, dkk. (2022). Implementasi Strategi Active Learningdengan Metode Reading Alouddalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD. Journal of Science and Education Research. Vol. 1, No. 1, Februari 2022. https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jse
Hadis, D. Pertumbuhan dan perkembangan menurut islam.
https://www.academia.edu/35159152/Pertumbuhan_dan_perkembangan_menurut_islam
Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek. Bandung. Vol.3 | No.1 | April 2017.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal. Banten. As-sibyan, Vol.1, No.1, Tahun 2016, Hal. 60-71.
Jawati, R. ( 2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di PAUD Habibul Ummi II. Padang. Vol. I, No.1, April 2013.
Khaeriyah, E, dkk, (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran SAINS Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 4, No. 2, September 2018
Kusuma, A, dkk, (2004). Efektivitas Metode Read Aloud Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Surakarta.
Made Intan Asri Devi, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Bali. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Volume 3 Nomor 32020, pp 417-428.
Maghfirah, F,dkk. (2022). Media Digital Menstimulasi Keterampilan Numerasi. Samarinda. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 6 (2022).
Mei Ratnasari, E. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. Metro. Vol. 9 | No. 2 | Juli - Desember 2020.
Nadilah, T. (2022). Penggunaan Read Aloud Video Untuk Mengembangkan Kosa Kata Pada Anak Usia Dini.
Nursyamsiah, Hani, dkk. (2018) Kemampuan Berpikir Simbolik AnakUsia Dini Pada Usia 5-6 Tahun. Cimahi. Jurnal Ceria. Vol.1 | No.1 | Januari 2018.
Nuryanto, S. (2002). Penggunaan Metode Read Aloud Untuk Mendongeng Pada Anak Usia Dini. Ponorogo. Jurnal AUDI, Volume 1, Nomor 1, hlm 38 – 44.
Ratnawati. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka pada Anak. Kalimantan Tengah. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan. 2020, Vol. 6, No. 2, 61–70. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/884/560
Riadi, M. (2020). Strategi Reading Aloud (Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Langkah Pelaksanaan). kajianpustaka.com/2020/09/strategi-reading-aloud.html.
Satria, A. (2022). Yuk, Mengenal Angka Bersama Goyi & Pipi. Bandung. Noura Books. 7 oktober 2022.
Sumitra, Agus dan Sumini, Nita. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal IlmiahPotensia,2019,Vol.4(2),115-120 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensi
Tantri. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Aloud dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas I B MI Negeri 2 Pangkal Pinang. Bangka Belitung. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan Volume 8 Nomor 1
Uswatun Hasanah, S. (2019) Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V MI Ma’arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu Vol. 3 no. 1, 2019
Wahyunu, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jember. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 6 (2022) Pages 5840-5849
Wedi, Agus. (2016). Konsep Dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran. Edcomtech Volume 1, Nomor 1, April 2016.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Taminih, T. (2023). IMPLEMENTASI METODE READ ALOUD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4646