PENGARUH GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK KELOMPOK A KB KEMUNING KOTA CIREBON

Authors

  • Siti Sukmawati Pratiwi

Abstract

Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak. Karena masa ini sering disebut juga dengan masa “Golden Age” dimana anak sangat peka untuk mendapatkan rangsangan-rangsangan baik yang berkaitan dengan aspek fisik motorik, intelektual, sosial, emosional dan bahasanya. Bahasa adalah alat komunkasi setiap orang. Kemampuan berbahasa pada anak usia dini mencangkup empat indikator yaitu, keterampilan menyimak, keteramppilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Di era industri digitalisasi ini pengajar harus lebih menguasai sistem digital. Salah satunya dengan menggunakan alat atau media yang berbasis digital. Dari sebuah website game edukasi yang bisa di berikan sebagai salah satu media pembeleajaran untuk anak tentunya dengan pengawasan guru atau orang tua ialah “Games Wordwall”. Game ini merupakan salah satu situs website yang dapat digunakan pengajar untuk membuat media pembelajaran yang interaktif, sehingga anak tidak akan merasa bosan. Selain itu, pada game ini juga pengajar dapat memodifikasi game ini dengan berbagai template yang sangat menarik dan beragam. Dalam konsep yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif sebuah eksperimen pre test – post test control grup design. Pada design ini dilakukan pre test sebelum diberikan perlakuan dan dengan post test sesudah diberikan perlakuan. Penelitia ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan mengenal huruf vokal pada anak kelompok A KB Kemuning dengan menggunakan media pembelajaran game wordwall. Apabila t hitung lebih besar nilainya dari t tabel dengan taraf signifikansi 5%, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya pengaruh game wordwall dapat meningkatkan pengetahuan mengenal huruf vokal pada anak usia dini.

Keywords:

Game Wordwall, Huruf Vokal

References

Manurung, A. (2021). Optimalisasi Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia EmaS, 5, 6.
https://doi.org/10.24114/jbrue.v5i2.23020
Siregar, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di Tk Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi, 2, 16.
https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i1.22
Sit, M., & Nasution, R. (2021). Model Alternatif Parenting Islami pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 1111–1125.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1149
Kurniawan, M., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1.
https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933
Makleat, N. (2021). Hambatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Selama Masa Belajar Dari Rumah (BDR). Journal of Millennial Community, 3, 25.
https://doi.org/10.24114/jmic.v3i1.24527

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Pratiwi, S. S. (2023). PENGARUH GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK KELOMPOK A KB KEMUNING KOTA CIREBON. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4644