EFEKTIVITAS METODE READ ALOUD MENGGUNAKAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KB FLAMBOYAN DESA BOJONGSARI LOSARI BREBES

Authors

  • Nur Aeni

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini yaitu penguasaan kosakata anak usia dini yang masih terbatas karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang variatif sehingga anak jenuh dalam kegiatan pembelajaran dan menyebabkan kemampuan bahasa khususnya penguasaan kosakata pada anak usia dini berkembang kurang optimal. Penelitian ini berdasar pada teori metode read aloud, read aloud adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan suara lantang atau nyaring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan penguasaan kosa kata pada anak dan untuk menggambarkan penerapan metode read aloud menggunakan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata pada anak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display dan verifikasi. Temuan penelitian ini adalah metode pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam mengembangkan kemampuan penguasaan kosakata pada anak, dan efektivitas penerapan metode read aloud menggunakan literasi digital terhadap kemampuan penguasaan kosakata pada anak. Kesimpulan dari temuan tersebut adalah bahwa penerapan metode read aloud menggunakan literasi digital sangat efektif dalam men

Keywords:

metode read aloud, penguasaan kosakata, anak usia dini.

References

Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067–2077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951.
Dinihari, Y., Nazelliana, D., & Purwanti.
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx
8
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2020 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
(2020). PEMANFAATAN APLIKASI JAVA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1).
Dwi, F., & Utami, T. (2022). Penerapan Metode Read Aloud untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 03(01).
Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067–2077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951.
Dinihari, Y., Nazelliana, D., & Purwanti. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI JAVA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1).
Dwi, F., & Utami, T. (2022). Penerapan Metode Read Aloud untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 03(01).
Faisal, M. (2017). PENGARUH PENERAPAN METODE READING ALOUD (MEMBACA NYARING) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II MI MADANI ALAUDDIN PAOPAO. Skripsi, 1–14.
Gatot, M., & Doddyansyah, M. R. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD. Fundamentals of Early Childhood Education, 416.
Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Beserta Persada Bunda). PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 90–103. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/download/2740/1520/
Kasiyan. (2015). Kesalahan Implementasi Teknik Triangulasi Pada Uji Validitas Data Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fbs Uny. Imaji, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4044
Madjid, M. N. (2020). Peningkatan Kosa Kata Arab Murid Tpa Prima Melalui Metode Read Aloud Dan Bernyanyi. PROSIDING SEMNAS PPM 2020, 2007, 901–908. https://doi.org/10.18196/ppm.35.70.
Madyawati, Lilis. (2016). Strategi PENGEMBANGAN BAHASA pada Anak. Jakarta: Kencana.
Musfirah, L. (2022). PENERAPAN METODE READ ALOUD DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ANNUR PRIMA KECAMATAN MEDAN LABUHA. Skripsi.
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx
9
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2020 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
Naimah, A. (2022). ANALISIS PENERAPAN METODE READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II DI MI MUAWANATUL FALAH NGETUK PATI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi.
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. Wacana, XIII(2), 177–181.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333.
Nur, H. (2014). Wawancara Dalam Penelitian. Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 6. https://eprints.umsida.ac.id/454.
Pratama, W. A., Hartini, S., Misbah. (2019) ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF), 06(1).
Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana, 4. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/8fe233c13f4addf4cee15c68d038aeb7.pdf
Puspitasari, F., Andriansyah, A., Guspita, A. R., Hakim, A. A. A., Jaini, Zahra, N., & Wahyudi. (2021). Implementasi Flashcard Sebagai Media untuk Menambah Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri 016 Kelurahan Sungai Perak Feni. Jurnal Trimas Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 19–24.
PUTRI, I. Y. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia 5- 6 Tahun Di Tk Putri Aisyah Kebon Ix Kecamatan Sungai Gelam. Skripsi, 13(April), 15–38. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/1305%0Ahttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/download/1305/858
Rahmawati, N. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Surabaya, 3(1), 5–6.
Risnawati, A., & Nuraeni, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Sunda Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Rebo Nyunda Di Pendidikan Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 243. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p243-250
Rizkiyana, M. (2019). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR KELOMPOK A DI TK AISYIAH BUSTANUL ATHFAL WATES GADINGREJO PRINGSEWU Skripsi. Skripsi.
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx
10
ISSN : 2685-564X (Online)
Copyright © 2020 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon
Saputri, R. I., & Friska, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kubus Berhuruf di PAUD Al-Mirah Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 04(01), 14–24. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/1305%0Ahttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/download/1305/858.
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882
Tobing, D. hizki, Herdiyanto, Y. K., & Astiti, D. P. (2016). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udaya, 42. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/870ba33936829bb37ecd8f62f8514ba7.pdf
Utami, D. W. (2014). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa indonesia melalui media papan selip. Skripsi.
Wardani, E., & Syamsiah, A. A. (2022). PENERAPAN METODE READ-ALOU D PADA PERKEMBANGAN LITERASI ANAK USIA DINI. Jurnal of Islamic Early Childhood Education, 1–8.
Yelina, R., (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA PADA ANAK USIA DINI MELAUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK AISYIYAH 2 KOTA AGUNG TANGGAMUS. Skripsi.
Yudisman, S. N. (2021). Analisis Perbandingan Tokoh Perpustakaan Paul Otlet Dan Sulistyo-Basuki Tentang Dokumentasi. https://www.ptonline.com/

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Aeni, N. (2023). EFEKTIVITAS METODE READ ALOUD MENGGUNAKAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KB FLAMBOYAN DESA BOJONGSARI LOSARI BREBES. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2). Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4631