EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CANVA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA KELOMPOK B KB (KELOMPOK BERMAIN) NURUL HUDA DESA CIKULAK KIDUL

Authors

  • Siti Suhaemah

Abstract

Pada Pembelajaran Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda masih mengalami kendala menghafal hafalan surat pendek atau kurang, karena kemampuan peserta didik tidak semua memahami atau tertarik dengan hanya sekedar hafalan saja. Untuk itu penulis bertujuan memberikan stimulasi Metode Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda. Metode penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis studi kasus disertai pendekatan fenomenologi. Adapun instrument yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display, dan tahap verifikasi. Temuan penelitian ini adalah Efektivitas Media Pembelajaran canva Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda Di Kecamatan Waled. Kesimpulan dari temuan tersebut adalah bahwa Efektifitas Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda Di Kecamatan Waled. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian Efektivitas Metode Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda Di Kecamatan Waled membutuhkan proses pembelajaran menjadi tidak membosankan salah satunya ialah aplikasi Canva, Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur dan kategori-kategori yang diberikan di dalamnya

Keywords:

media canva, hafalan surat pendek, anak usia dini

References

Andriyani, 2017; Guslinda & Kurnia, 2018; Lukitoaji, 2019; Maghfiroh & Shofia Suryana, 2021; MEDIA-PEMBELAJARAN-ANAK-USIA-DINI.Pdf, n.d.; Rosen et al., 2015)Andriyani, Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang. Skripsi, 119.
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. j
Lukitoaji, B. D. (2019). Bahan ajar pendidikan nilai. http://repository.upy.ac.id/3245/1/P
Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC
Hal. x - xx

Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
MEDIA-PEMBELAJARAN-ANAK-USIA-DINI.pdf. (n.d.).
Rosen, A., Trauer, T., Hadzi-Pavlovic, D., Parker, G., Patton, J. R., Cronin, M. E., Bassett, D. S., Koppel, A. E., Zimpher, N. L., Thurlings, M., Evers, A. T., Vermeulen, M., Obanya, P., Avsec, S., Nurzarina Amran, Liu, S. H., Petko, D., Aesaert, K., Van Braak, J., … Brown, N. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 UNTUK SMK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA KOMPETENSI DASAR MENGURAIKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. Teaching and Teacher Education, 12(1), 1–17.
http://dx.doi.org/10.1080/01443410.2015.1044943%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.581%0Ahttps://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/2547ebf4-bd21-46e8-88e9-f53c1b3b927f/language-en%0Ahttp://europa.eu/.%0Ahttp://www.leg.st
Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7(2)
Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/
Imami Nur Rahmawati. Jurnal keperawatan Indonesia “Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: Wawancara”, Vol 11, No 1, hal 35
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm.306
https://www.imrantululi.net/berita/detail/6-macammacam-media-pembelajaran-serta-contohnya-tingkatkan-semangat-belajar-siswa#:~:text=Media%20pembelajaran%20merupakan%20salah%20satu,untuk%20mencapai%20tujuan%20yang%20diinginkan
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=skripsi+media+pembelajaran+canca+&btnG=#d=gs_qabs&t=1673161283125&u=%23p%3DLIHC2BAFOO4J
http://sim.ihdn.ac.id/app-assets/repo/repo-dosen-062008025923-21.pdf
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/viewFile/26259/13283&ved=2ahUKEwijjunQ0Kv8AhVgyzgGHV97A_MQFnoECBkQAQ&usg=AOvVaw2W79jCfrmgHU3eDS2oA37c
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.unm.

ac.id/19185/1/03.%2520Media%2520Pembelajaran%2520Audio%2520Visual%2520Berbasis%2520Aplikasi%2520Canva.pdf&ved=2ahUKEwi1l-GF0qv8AhXSTWwGHdvvBPUQFnoECBsQAQ&usg=AOvVaw3du0wZPCgqfNMWOMHOgNkN

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Suhaemah, S. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CANVA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA KELOMPOK B KB (KELOMPOK BERMAIN) NURUL HUDA DESA CIKULAK KIDUL. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2), 115–123. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/4629