A PENGARUH METODE DONGENG INTERAKTIF TERHADAP KARAKTER ANAK DI RA AL-IKHLAS

PENGARUH METODE DONGENG INTERAKTIF TERHADAP KARAKTER ANAK

Authors

  • A. Sri Wahyuni Asti Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v10i2.3895

Abstract

Penelitian memuat tentang 1. Bagaimanakah pengembangan karakter pada anak sebelum penerapan metode dongeng interaktif? 2. Bagaimanakah pengaruh pengembangan karakter pada anak usia sesudah diberikan perlakuan metode dongeng interaktif? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui pengembangan karakter anak sebelum penerapan metode dongeng interaktif? 2. Untuk mengetahui pengaruh pengembangan karakter pada anak sesudah diberikan perlakuan metode dongeng interaktif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sederhana (pre-eksperimental design). Adapun desain penelitiannya yaitu one-group pretest-postest design dengan jumlah populasi penelitian 13 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui teknik observasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu perencanaan, pemberian pretest, pemberian perlakuan (treatment), pembersih postest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik dengan menggunakan analisis uji beda wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode dongeng interaktif berpengaruh terhadap pengembangan karakter pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pengembangan karakter anak pada posttes lebih tinggi dari nilai pretest. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode dongeng interaktif terhadap pengembangan karakter pada anak.

Keywords:

metode, dongeng interaktif, karakter

References

Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme Dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Agustian, G.A. 2000. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Quotient ESQ Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga Tilanta.

Daryanto & Darmiatun, S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Grafitipers

Destriyanti, D. 2014. Peningkatan Perilaku Moral Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Orang-Orangan Di Paud Habibul Ummi li Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. Bengkulu: Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan PAUD FKIP Universitas Bengkulu.

Fakhrudin, M. 2003. Cara Mendongeng Disajikan Pada Pelatihan Teknik Mendongeng bagi Guru Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Purworejo 16 Desember 2003 (Online), www.umpwr.ac.id/download/artikel/Cara%20Mendongeng.pdf. (diakses 07 April 2016)

Haenilah, Een Y. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran Paud. Yogyakarta: media akademi.

Idi, A & Safarina. 2015. Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Rajawalin Pers.

Mustofa, B. 2015. Melejukan Kecerdasan Anak Melalui Dongeng. Yogyakarta: Parama Timu.

Mustani, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta Rajawali Pers.

Narminten. 2014. "Penerapan Strategi Storytelling Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa TKIT Nurul Islam Gamping Sleman" Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Raharjo, Setyo, 2005. Pendidikan Multi Kultural. Yogyakarta: FIP, UNY.

Sanjaya, Wina. 2013, Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana

Santoso, Singgih. 2010 Statistik Nonparametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sukmaya, Yeye. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran dengan Metode Dongeng Menggunakan Media Wayang Golek untuk menampilkan Karakter Persahabatan Anak Usia Dini (Online), (http://repository.upi.edu/operator/upload/t pd 1004639 chapter1.pdf) diakses 10 April 2016.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif.Dan R&D. Bandung. Alfabeta Bandung.

Undang-Undang Republik IndonesiaNo 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta.

Undang-Undang Sisdiknas. 2003. Tentang Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wibowa. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: . Pustaka Pelajar.

Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Jakarta: Kencana

Zubaedi. 2011, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya di Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Asti, A. S. W. (2022). A PENGARUH METODE DONGENG INTERAKTIF TERHADAP KARAKTER ANAK DI RA AL-IKHLAS: PENGARUH METODE DONGENG INTERAKTIF TERHADAP KARAKTER ANAK. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 10(1), 49–59. https://doi.org/10.32534/jjb.v10i2.3895