Masih Tabu, Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Alia Nilawati Universitas Negeri Makassar
  • Batari Toja Universitas Negeri Makassar
  • Nur Fathirunnisa Universitas Negeri Makassar
  • Nurbaeti Syam Universitas Negeri Makassar
  • Andi Al Muhammad Ardiansyah Universitas Negeri Makassar
  • Muharram Muharram Universitas Negeri Makassar
  • Herman Herman Universitas Negeri Makassar

Abstract

Pendidikan seksualitas masih merupakan pembicaraan yang porno atau cabul dalam keluarga. Orang tua masih enggan membicarakan seksualitas pada anak karena merasa risih dan tidak tahu cara menyampaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memberi gambaran tentang pentingnya pendidikan seks untuk anak usia dini. Berkaitan dengan tujuan tersebut, penelitian ini diharapkan dapat memberi pemahaman yang baik terkait pendidikan seks untuk anak usia dini kepada masyarakat, khususnya orang tua. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menelaah berbagai data, seperti artikel jurnal yang telah dipublikasi, naskah ilmiah skripsi, tesis, atau disertasi, literatur-literatur, dan data lainnya yang dapat menjelaskan atau menggambarkan pentingnya pendidikan seks untuk anak usia dini. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan berbagai cara dan tips yang dapat dilakukan dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia dini. Sehingga orang tua tidak lagi menganggap tabu hal tersebut.

Keywords:

Pendidikan Seks, Anak Usia Dini

References

Alucyana, Raihana, & Utami, D. T. (2020). Urgensi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 71–87.
Ath-Thawiil, U. (2000). Ajaran Islam Tentang Fenomena Seksual. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: “My Bodies Belong To Me.” Jurnal Pendidikan?: Early Childhood, 4(1), 77–86.
Camelia, L., & Nirmala, I. (2017). PENERAPAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Upaya Pencegahan kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Usia Dini Melalui Penerapan Pendidikan Seks Dalam Perspektif Sunnah Rasul). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27–32.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33–46.
Kasmini, L., Novita, R., & Fajriah, N. (2016). Pendidikan Seks Bernuansa Islam Untuk Anak Usia Dini. Banda Aceh: BANDAR Publishing.
Kurnia, N., & Tjandra, E. (2012). Bunda, Seks itu Apa Sih? Cara Cerdas dan Bijak Menjelaskan Seks Pada Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Marimba, A. D. (1998). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al-Ma’arif.
Muhammad, H., Mulia, S. M., & Wahid, M. (2011). Fiqh Seksualitas. Jakarta: PKBI.
Mukti, A. (2016). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Jurnal Harkat?: Media Komunikasi Gender, 12(2), 89–98.
Nadar, W. (2017). Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 77–90.
Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Tarbawi Khatulistiwa, 2(2), 55–59.
Ratnawati, S. R. (2021). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Sebagai Upaya Preventif Untuk Menghindarkan Anak dari Bahaya Child Sexual Abuse. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–13.
Rosyad, M. (2007). Pendidikan Seks. Semarang: Syiar Media Publishing.
Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 47–53.
Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 164–174.
Suraji, & Rahmawatie, S. (2008). Pendidikan Seks Bagi Anak Panduan Keluarga Muslim. Yogyakarta: Pustaka Fahima.
Surtiretna, N. (2006). Remaja dan Problema Seks Tinjauan Islam dan Medis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta.
Syaodih, E. (2013). Model Bimbingan Perkembangan di TAMAN KANAK- KANAK?: Di Kembangkan Berdasarkan Tentang Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak di Kota Bandung. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Ulwan, A. N. (2007). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
Zakiyah, R., Prabandari, Y. S., & Triratnawati, A. (2016). Tabu , Hambatan Budaya Pendidikan Seksualitas Dini Pada Anak di Kota Dumai. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 32(9), 323–330.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zolekhah, D., & Shanti, E. F. A. (2021). Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dengan Perilaku Pemberian Pendidikan Seks Untuk Anak. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 11(3), 108–112.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Nilawati, A., Toja, B., Fathirunnisa, N., Syam, N., Ardiansyah, A. A. M., Muharram, M., & Herman, H. (2023). Masih Tabu, Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 10(1), 11–22. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/2953