HUBUNGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SEROJA DESA KALIDERES KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

Authors

  • M Arif Syarif

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1356

Abstract

Saat proses pembelajaran siswa  masih pasif dan kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan proses pembelajaran yang masih monoton kurang menyenangkan sehingga dirasa kurang membangkitkan gairah atau semangat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran yang mengakibatkan tidak memberikan hasil yang maksimal khususnya dalam hal kemampuan berhitung anak. Berdasarkan hal tersebut diperlukan upanya guna meningkatkan kemampuan berhitung anak.

Dengan menggunakan media balok angka merupakan salah satu cara  yang tepat untuk mengembangkan berbagai kemampuan anak. Permainan  yang  menarik pada media balok angka ini dapat dijadikan  media bagi anak  untuk  belajar banyak hal seperti berhitung, membaca dan  lain-lain. Sehingga tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana  hubungan kemampuan berhitung anak melalui permainan balok angka pada anak kelompok B di TK Seroja Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kaupaten Cirebon.

Penelitian ini adalah studi penelitian korelasi. Penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu; penerapan metode bermain balok angka sebagai variabel bebas, kemampuan berhitung yang akan dicapai siswa yaitu sebagai variabel teikat. Adapun instrumen yang digunakan adalah observasi lapangan, angket dan rubrik penilaian.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa dengan permainan balok angka ternyata dapat memotivasi belajar anak dengan baik, hal tersebut sesuai data yang telah dijabarkan rata-rata kemampuan berhitung anak mencapai 100,95 masuk ke dalam kategori baik. Motivasi anak dalam belajar dinyatakan dengan baik. Terdapat juga hubungan yang signifikan antara penggunaan metode bermain balok angka dengan kemampuan behitung anak kelompok B.1 di TK Seroja Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil koefisien korelasi antara variabel X dan Y adalah rhitung = 0,676. Kemudian rhitung tersebut dikonsultasikan pada rtabel dengan n = 20 dan taraf signifikasi 5% adalah 0,444. Dapat dilihat bahwa rhitung > rtabel (0,676 > 0,444).

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Permainan Balok Angka.

References

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya. Jaka rta: PT. Raja Grafindo Persada
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Arifuddin, 2010. Neuropsikolinguistik, Jakarta: rajawali Press.
Arsyad Azhar, 2013, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.
Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Azhar Arsyad. 2003. Media Pengajaran. Jakarta; PT Raja Grafindo.
Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Caroline. 2009. Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Wangun Printika.
Dariyo, Agoes (2007), Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung : PT. Refika Aditama
Depdiknas, 2000 Pedoman Pengembangan Silabus. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Berhitung Permulaan di TK . Jakarta: Depdiknas
Essa, L. Eva. 2002. Introduction to Early Chilhood Education. Canada: Delmar Learning
Fadlillah, M. 2012. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: PT Ar-ruzz Media
Hurlock, B. Elisabeth. 1997. Psikologi Perkembangan “Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan”. Jakarta: Erlangga. Mahardika (2009)
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta.
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Musfiroh. 2005. Multiple Intelligences. http://staff.uny.ac.id/ sites/default/ files/tmp/ MULTIPLE %20INTELLIGENCES%20III.pdf. [diakses 13-02-2012]
Nur Qholisya. 2019. Penaruh Permainan Balok Angka terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak TK B Bustannur. Jurnal Universias Medan Area
Purwanto. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pemelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua (Depok :PT RAJAGRAFINDO PERSADA)
Santoso, Singgih. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Soegeng Santoso. 2011. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya 1 Jakarta.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. PT. TARSINTO Bandung : trasito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Sugiono, 2010 Metode Penelitian Pendidikan. PT.TARSINTO Bandung : Alfabeta
Sulistiawati. 2013. Peningkatan Kemampuan Berhitung Pemula Melalui Permainan Tabung Anka di Kelompok Bermain Miftahul Jannah Ngaliyan Semarang. https://lib.unnes.ac.id/ 18938/1/1601911011. pdf
Sujai. 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa, Semarang: Walisongo Press
Sujiono, Y. N., dan Bambang S. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sujiono. 2010. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Bumi Aksara
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Intan Madani
Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara
Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara download.portalgaruda.org/article.php?article=145625&val=1342

Downloads

Published

2019-02-04

How to Cite

Syarif, M. A. (2019). HUBUNGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SEROJA DESA KALIDERES KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(2), 64–74. https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1356