PENGEMBANGAN KORASE BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ORANGTUA DAN SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media korase berbasis web sebagai media komunikasi orangtua dan sekolah. dan untuk mengetahui respon guru dan orangtua terhadap pengembangan media korase berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design,Development, Implementation,dan Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pengembangan media korase berbasis web dikatakan valid oleh 2 validator. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh nilai komulatif sebesar 75,55 % dengan kriteria “baik”. Selanjutnya yaitu validasi oleh ahli materi diperoleh sekor rata-rata komulatif sebesa 84,28 % dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi guru pada tahapan ujicoba yaitu mendapatkan skor rata-rata sebesar 77,5% dengan kriteria “Baik” dan ujicoba pada orangtua diperoleh rata-rata sebesar 87,5 % dengan kriteria “Sangat Baik”.
Keywords:
Media Komunikasi, Korase, Komunikasi orangtua dan sekolahReferences
Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27–41. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183
Dasi, N. L. K. D., & Putra, D. B. K. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358
Maulana, H., Kasmawi, K., & Enda, D. (2020). Buku Penghubung Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi,6(3).https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i3.2993
Nasution, D. H., Akbar, S., & Yuniastuti, Y. (2021). Pengembangan Model Strategi Komunikasi Berbantuan Buku Penghubung untuk Mengontrol Kegiatan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1695. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15113
Noviani, D. (2022). Komunikasi Tri Pusat Pendidikan Upaya Mencegah Kekerasan Terhadap Siswa di Sekolah. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4)
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sari, W., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Buku Penghubung sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Orang Tua tentang Perkembangan Ibadah Anak. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.30