Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan

Authors

  • Feny Meriani Feny meriani

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i3.4745

Keywords:

Wordwall, Kosakata Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kemampuan mengenal kosakata anak dengan optimal, misalnya masih banyak anak yang kesulitan dalam merangkai huruf menjadi sebuah kata.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media wordwall terhadap kemampuan mengenal kosakata anak di Taman kanak-kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purpose sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 126 orang anak. Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang anak, yang terdiri dari B5 15 orang anak di kelas eksperimen dan B6 15 orang anak di kelas kontrol. berdasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test serta pos-test pada kelas eksperimen ialah 97,3 dan 15,93. Sementara pada kelas kontrol, rata-rata hasil pre-test dan post-test adalah 9,86 dan 13,13. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Pada Berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai signifikan adalah sebesar 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa media wordwall berpengaruh terhadap keamampuan mengenal kosakata anak

References

Robert, Lado 1915. Language Teaching. New York,McGraw-Hill

Ainun Nuriyah, dkk. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Kemampuan Pra-Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Negeri Malang

Mahyuddin,N.(2020,july) The Application of Audio Visual Media Based on Minangkabau Folklore to Develop Children's Speaking Ability in Kindergarten Kartika 1-7 Padang. In International Conference of Early Chilhood Education,(ICECE 2019) (pp. 129-131).Atlantis Press

Rafiek, Rusma Noortyani. 2017. Pemerolehan Kosa Kata Anak Usia Dini di Kota Banjar Masin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68-83.

Azizah, F. N. (2018). Pemerolehan Kosakata Anak Usia 3—5 Tahun di PAUD Kelompok Bermain Inklusif Anak Ceria Universitas Airlangga. Skriptorium, 1(3), 57–66.

Yunia Rafita. 2022. Efektivitas Permainan Bola Kata Terhadap Pengembangan Kosakata Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Universitas negeri Padang

Latif, dkk. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Meriani, F. (2024). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(3), 35–41. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i3.4745