MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA

Authors

  • Ai Suminar
  • Alfian Ashshidiqi

Abstract

Kecerdasan setiap individu berbeda-beda, memiliki sisi yang menonjol setiap orangnya. Kecerdasan logika matematika merupakan salah satu dari bagian kecerdasan majemuk, terkadang kecerdasan ini sulit untuk dideteksi, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan logika matematika pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Jampangkulon dengan menggunakan media realia yang berasal dari alam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk mengetahui proses nya pembelajaran mengembangkan kecerdasan logika matematika dengan menggunakan media realia di TK Negeri Pembina Jampangkulon. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, anak dan orang tua. Hasil penelitian dengan menggunakan media realia kecerdasan logika dapat di kembangkan. Penggunaan media yang bervariasi sangatlah menyenangkan pada saat diterapkan selama program pembelajaran. Suasana pembelajaran yang tercipta juga akan sangat kondusif dan nyaman untuk siswa. Kreatifitas guru juga sangat diperlukan, dengan mengajak anak untuk mengenal alam sekitar dan mengajak anak belajar di alam terbuka akan lebih menyenangkan lagi, karena jiwa anak akan menjadi lebih bebas dan mereka dapat belajar langsung dari alam. Oleh karena itu menggunakan media realia untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika sangat efektip.

Kata kunci : logika, realia, anak

Keywords:

logika, realia, anak

References

Aisyah, Siti. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ani Endriani. 2011. Indikator Minat Belajar.Medan Universitas Negeri Medan.
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada
Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: Nuansa Aksara
Casmini.2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Medika.
Dale, Edgar. 1969. Audio Visual Methods In Teaching. New York: Holt.
Devianti, Ayunita. 2013. Panduan Lengkap Mencerdaskan Otak Anak Usia 1-6 Tahun. Yogyakarta: Araska.
Elnawati & Siwiyanti, Leonita. (2018). Bermain Cerdas Kreatif Anak Atas Perintah Allah SWT. Sukabumi : Lembaga AIK
Eny Purwaningtyastuti. (2012). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Balok Kelompok A di TK An Nisa’ Marditani Celep Kedawung Sragen.
Gardner, Howard. 2009. Multiple Intelligences edisi bahasa Indonesia. Malang
Hartini, Takaku. Zoological Science 20 (10), 1261-1272, 2003. 28, 2003.
Marpaung, Jurnierissa. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. Jurnal Kopasta 4 (1).
Mansur, (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mufarizudin. (2017). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi Prodi PG-PAUD FIP UPTT
Noor Azizah, Fathia (2018): http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-skriptorium931e95689ffull.pdf) , (24 Desember 2019)
. (2003), Permendiknas Ubdang-Undang Republik Indonesia Sistem Pendidikan Nasional
Lestari, Novita & Mustika, Eka. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Setia Darma 03 Tambun Selatan. Jurnal Pedagogik Vol. 11 No.2.
Pusat Kurikulum, Balitbang depdiknas: 2003. Standar Kompetensi Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal, Jakarta
Popung, Puspa Ardini, dkk. (2019). Media Realia dalam Mengenal Kosakata Anak Kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Vol 6.
Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju
Sudjana, Nana dan Rivai,ahmad. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta
Susanti. (2016). Jenis-jenis Media dalam Pembelajaran.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
T. Safaria, 4T.2005.Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books
Wardiana, Uswah. 2004. Psikologi Umum, Jakarta: Pt. Bina Ilmu
Yamin, Martinis.2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Jakarta: Gaung Persada (GP)Press Jakarta.
Yuliani. (2006). Pentingnya Pengembangan Kognitif. Jurnal (Online)
Zainal, Aqib. 2018. Model-model Media dan Strategi Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya

Downloads

Published

2020-02-04

How to Cite

Suminar, A., & Ashshidiqi, A. (2020). MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 7(2), 22–33. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/1345