PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMAHAMAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Perkembangan bahasa anak akan tumbuh kembang dilingkungan sekitarnya, pada periode ini sangat penting memperkenalkan bahasa yang baik dan benar. Metode bermain peran sangat baik untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak, baik secara ekspresif maupun reseptif dalam kegiatan bermain peran terjadi aktivitas berbahasa melalui dialog atau percakapan serta pertunjukan karakter peran yang dimainkan, karena pada saat dialog terjadi komunikasi timbal balik (Nurbiana Dhieni : 2011 : 27) Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan bermain peran dalam memahami bahasa anak kelompok B di TK Sejahtera VII kecamatan surade Kabupaten Sukabumi. Peneliti menggunakan seluruh murid kelompok B sebagai sampel penelitian di TK Sejahtera VII Kecamatan Surade. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban tentang permasalahan yang sedang terjadi dengan cara menghimpun data, megolah data,menganalisis, menafsirkan dan menyimpulkan data hasil penelitian. Penelitian kualitatif adalah metode dimana data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka (Sugiyono, 2014:13). Hasil penelitian yang didapat bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan RKM dan RKH yang dibuat khusus untuk mengembangkan bahasa pada anak di TK SEJAHTERA VII sehingga anak sangat antusias dan semakin paham.
Keywords:
Bermain Peran, Pemahaman Bahasa anakReferences
Amini, M., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). Hakikat Anak Usia Dini, 1–31.
Dhieni, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Djadjuri, D. dkk. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran Jilid 2. Bekasi: CV. Nurani.
Lestariningrum, A. dan I. P. . (2013). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Levey, S. and P. (2011). Language Development Understanding Language Diversity in ClassroomNo Title. London: SAGE Publication.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Nuraini, Y. dan S. (2013). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.
Pulungan, E. N. (2018). Jurnal raudhah. Raudhah, 06(01), 1–26.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Tatminingsih, Sri, H. L. dan I. C. (2019). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.
Utami, E. S. & K. (2014). Peningkatan Keterampilan Siswa Memberikan Bantuan Kepada Pelanggan dengan Metode Role Playing Kelas XI Pemasaran. Economic Education Analysis Journal, EAJ, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/download/352/334
Wibowo, A. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Startegi) (1st ed., p. 28). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: referensi (GP Press Group).
Zuhairini. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.