PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MATEMATIKA UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA
Abstract
Abstract
This research is an experimental research. The population in this study were all seventh grade studens of SMPN 2 Pabedilan, Cirebon Regency, academic year 2018/2019 even semester. The sampling technique in this study was simple random sampling. The sample used is class VII-C. The instruments used were test instruments in the form of descriptions test and non-test instruments in the form of questionnaires and observations. Based on the results of the study, the students’ response to the use of mathematical card media in learning from the three indicators of 18.18% had a very good response category and 81.82 had a good response category. Hypothesis test result from the use of mathematical card media on students’ ability to comprehend mathematical concepts and self efficacy with linear regression test produce significance values (2-tailed) <a (0.05) so that H0 is rejected and has a positive correlation with the ability to understand mathemtical concept and self efficacy of student.
Keywords: Learning media, math cards, ability to understand mathematical concepts, self efficacy
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 2 Pabedilan, Kabupaten Cirebon, tahun akademik 2018/2019 semester genap. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-C. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes uraian dan instrumen non tes berupa angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, respon siswa terhadap penggunaan media kartu matematika dalam belajar dari tiga indikator 18,18% memiliki kategori respon yang sangat baik dan 81,82 memiliki kategori respon yang baik. Hasil uji hipotesis dari penggunaan media kartu matematika terhadap kemampuan siswa memahami konsep matematika dan self efficacy dengan uji regresi linier menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) <a (0,05) sehingga H0 ditolak dan memiliki korelasi positif dengan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian diri siswa.
Kata kunci: Media pembelajaran, kartu matematika, kemampuan pemahaman konsep matematika, self efficacy