PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI DERET ARITMATIKA KELAS X DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dessy Fitriyani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rifqi Hidayat Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • sumliyah sumliyah Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

ABSTRACT

 

This study discusses the development of Contextual-based mathematics worksheets on Arithmetic Series material for class X SMK. This study aims (1) to develop contextual-based math worksheets on the subject matter of valid and practical arithmetic series, and (2) to find out contextual-based math worksheets on the subject matter of arithmetic series that are developed meet valid and practical criteria. The type of research used is Research & Development (R&D) or research and development. The development model used is the model proposed by Sugiono which consists of several phases, namely potential problems, data collection, product design, validation and revision. The subjects in this study were class X teachers of SMKN 1 Jamblang and lecturers of Mathematics Education, University of Muhammadiyah Cirebon. The instruments used in this study were expert validation sheets and teacher response questionnaires. Based on the results of the trials carried out, it was found that (1) the results of the LKPD validation were 4.20 which were in the valid category with an interval of 3.5 M < 4.3 , (2) the practicality validation sheet which is the practicality component obtained positive results, namely validation sheet with a positive category because it is in the interval 70% < 85%, thus the teaching materials meet the practical criteria.

Keywords: Development of teaching materials, contextual based, valid, practical.

 

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang pengembangan LKPD matematika berbasis Kontekstual pada materi Deret Aritmatika kelas X SMK. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis kontekstual  pada pokok materi deret aritmatika yang valid dan praktis, dan (2) untuk mengetahui LKPD matematika berbasis kontekstual  pada pokok materi deret aritmatika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research & Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikemukakan oleh Sugiono yang terdiri dari beberapa fase yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain Product, validasi dan revisi. Subjek  dalam penelitian ini adalah guru kelas X SMKN 1 Jamblang dan dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan angket respon guru. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) hasil validasi LKPD adalah 4,20  berada pada kategori valid dengan interval  3,5 ? M < 4,3 , (2) lembar validasi kepraktisan yang merupakan komponen kepraktisan diperoleh hasil yang positif yaitu lembar validasi dengan kategori positif karena berada pada interval 70% ? ???????? < 85%  dengan demikian bahan ajar memenuhi kriteria praktis.

Kata kunci : Pengembangan Bahan ajar, berbasis kontekstual, valid, praktis.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Fitriyani, D., Hidayat, R., & sumliyah, sumliyah. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI DERET ARITMATIKA KELAS X DI MASA PANDEMI COVID-19. Integral : Pendidikan Matematika, 13(1), 40–48. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/3112

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>