PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KESADARAN DIRI SISWA SMP

Authors

  • Jajang Rahmatudin Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rifqi Hidayat Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ishar Bahtiar Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan
kesadaran diri siswa dengan menggunakan model pembelajaran matematika yang baru,
pengunaan model Problem Based Learning dianggap cocok untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif matematis dan kesadaran diri siswa karena pada tahapan
menyelesaikan masalah siswa dituntut untuk mengeluarkan ide-ide yang baru dan siswa
dibebaskan untuk mencari sumber materinya sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian
kuasi eksperimen yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018, pada
tanggal 31 Juli – 31 Agustus 2017 di SMP Islamiyah Weru yang beralamat di Desa Weru
Lor Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII
semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Terdapat dua kelas yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol,
dalam pelaksanaannya kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Penelitian ini menghasilkan
uji perbedaan nilai N-Gain kemampuan berpikir kreatif matematis diperoleh nilai sig.(2-
tailed) kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan
peningkatan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dari hasil thitung sebesar 6,134
dapat dikatakan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis yang
menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibanding dengan yang
menggunakan model pembelajaran konvensional dan hasil uji perbedaan nilai N-Gain
kesadaran diri diperoleh nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat
disimpulkan adanya perbedaan peningkatan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol,
dari hasil t
hitung sebesar 7,330 dapat dikatakan bahwa peningkatan kesadaran diri siswa yang
menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibanding dengan yang
menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Berpikir kreatif matematis, Kesadaran diri, Problem Based Learning

Downloads

Published

2019-07-14

How to Cite

Rahmatudin, J., Hidayat, R., & Bahtiar, I. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KESADARAN DIRI SISWA SMP. Integral : Pendidikan Matematika, 8(2), 41–53. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/592

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>