Waspadai Dampak Broken Home Terhadap Emosional Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6585Abstract
Keluarga merupakan lingkungan pertama yang memengaruhi perkembangan emosional anak, namun anak dari keluarga broken home kerap menghadapi tantangan emosional yang serius. Penulisan ini bertujuan untuk memahami konsep broken home, konsep perkembangan emosional, dampak broken home terhadap perkembangan emosional anak usia dini serta solusi penanganannya. Penulisann ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber yang relevan terkait broken home dan perkembangan emosional anak. Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa broken home berdampak pada rendahnya kepercayaan diri, emosi yang tidak stabil, serta perilaku agresif pada anak. Dukungan emosional, keterlibatan orang tua, dan terapi konseling adalah beberapa solusi efektif untuk membantu anak menghadapi dampak tersebut. Penulisan ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada orang tua, pendidik, dan masyarakat dalam memberikan dukungan yang tepat bagi anak yang mengalami broken home.
Keywords:
Anak Usia Dini, Broken Home, Emosional AnakReferences
Agustin Kurniasih. (2019). Regulasi Emosi Pada Anak Broken Home. Universitas Semarang. Vol 1, No. 2 Hal 1-11.
Alham, S., Sabani, F., Hasis, P. K., Yusuf, M., & Hutami, E. P. (2024). Resiliensi Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Pada Keluarga Broken Home). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(2), 14-32.
Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat anak usia dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65, 1-43.
Andani, D. P., Setiawati, S., & Wisroni, W. (2018). Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Anak di PAUD Puti Bungsu SKB I Tanah Datar. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 214-223.
Delyana, H, Mudjiran.(2020).PERAN KELUARGA DALAM PERKEMBAGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK.KOLOKIUM:jurnal pendidikan luar sekolah PLS,8(2) 423.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Friedman, M. M., Bowden, V. R., & Jones, E. G. (2003). Family Nursing: Research, Theory, and Practice. Edisi ke-5, Pearson Education.
Gusniar & Prima Aulia, “Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Bina Bangsa Kampung Tongah Pasaman”, Jurnal Pendiidkan Tambusa: Universitas Negeri Padang, Vol. 4 No. 3, 2020
Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.
Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Juanda Prisma Mahendra, “Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di TK Sedesa Tegal Maja Lombok Utara”, Jurnal Pendidikan Mandala, Vol. 7 No. 2, Juni 2022
Latifah, L., Ismaniar, I., & Sunarti, V. (2018). Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini oleh Guru di Lembaga PAUD Adzkia III Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 50-57.
Mahendra, J. P., Rahayu, F., & Ningsih, B. S. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Sedesa Tegal Maja Lombok Utara). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan antara perhatian yang diberikan orang tua dengan tingkat perkembangan moral anak usia dini. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79-92.Farida Mayar. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Junal Al-Ta’lim. Vol 1, No 6 Hal 459-464.
Sari, F.R. (2019). Studi literatur sebagai landasan teori dalam penelitian kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(2), 150-165.
Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi pemahaman konsep belajar IPA siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode gallery walk (sebuah studi literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69-76.
Sari, Y. (2023). Dampak perceraian (broken home) terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di Lingkungan Karang Mas Mas (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Wibowo, A. E. (2021). Metodologi Penelitian Pegangan untuk Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Insania.
Widyawati, W., Husna, A. I. N., & Supendi, D. (2023). Parenting Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Perkembangan Emosional