PENERAPAN PERMAINAN MOBIS DALAM MEMPERKUAT PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-MA’MUR

Authors

  • Silvi Fauziah Ihsan STAI Darul Falah
  • Muflih Ma'mun STAI Darul Falah
  • Muhamad Yusuf Kurniansyah STAI Darul Falah

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perkembangan motorik halus anak usia dini menggunakan media MoBIS kemudian penelitian ini menjelaskan bagaimana penerapan permainan MoBIS dan menjelaskan bagaimana interelasi penggunaan media MoBIS dalam meningkatkan motorik halus. Permasalahan yang dihadapi kemampuan motorik halus anak kelompok B usia 5-6 tahun belum sesuai dengan tingkat percapaian perkembangan motorik halus yang diharapkan. Kondisi nampak jelas dimana anak ada yang kesulitan dalam meniru bentuk, menggerakan jari jemari tangan secara optimal. Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif  deskriptif.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menemukan 1) Perkembangan motorik halus pada anak usia dini kelompok B di RA Al-Ma’mur (a) permainan MoBIS dapat mengoptimalkan penggunaan otot tangan dan jari siswa (b) kemampuan meniru bentuk lebih optimal pada saat menggunakan MoBIS dibandingkan fuzzle (c) siswa melakukan eksplorasi dengan media MoBIS dapat menyebutkan jumlah komponen MoBIS dan warna komponen MoBIS (d) siswa dapat mengkoordinasikan mata dan tangan pada saat merangkai komponen MoBIS (e) siswa dapat menghasilkan bentuk sendiri sesuai dengan sub topik (f)  siswa dapat mengontrol gerakan jari tangan pada saat merangkai komponen MoBIS (g) siswa senang bermain MoBIS  mengekspresikan dirinya dengan bentuk pesawat tempur, kincir angin dan gelas jus 2) pada pelaksanaan permainan MoBIS di bagi menjadi 3 tahapan pertama perencanaan yang kedua pelaksanaan yang ketiga penilaian 3) Aspek yang paling berdampak dari hasil penggunaan MoBIS siswa dapat mengekspresikan dirinya dengan berkarya seni menggunakan media MoBIS dapat menirukan gerakan minum jus, mengekspresikan dirinya setelah minum jus.

Kata Kunci : Anak Usia Dini, MoBIS, Motorik Halus

 

Keywords:

Anak Usia Dini, MoBIS, Motorik Halus

References

Ardini & lestariningrum (2018). Bermain & permainan Anak Usia Dini ( Sebuah kajian teori & Praktik). Gorontalo & kediri: Adjie Media Nusantara.

Aulina, nisak choirun. (2017). Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami makna tes, pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi (evaluation) dalam pendidikan. Jurnal Education and development, 10(3), 492-495.

Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi .

Fitriani dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan . Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam , 4.

Gazali, Sonja .(2023). Buku panduan Pembelajaran MoBIS HANSO ( Bandung: Praktisi MoBIS).

Hendra, J., & Putra, G. I. (2019). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Anak Melalui Permainan Olahraga Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 438-444.

Hernila & Amal (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. In SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19” (pp. 1217-1225). Universitas Negeri Makassar.

Istiqomah & Nafiqoh. (2020). Penerapan Permainan Mobis Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di RA Al-Islamiyah. Jurnal Ceria, 3, 291.

Kemenag, Quran. (2022) Q.S AL-Alaq ayat: 5 & Tafsirnya.

Kemendikbud .(2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Khoerunnisa, muqodas & justica (2023). Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Kurnia, Muftie & Rahayu. (2022). Implikasi Penggunaan Media Mobis ( Motor Skills Block Interlocking System) Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. (CIECE), 288-289.

Latifah, Ulya .(2019). Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Media Motor Skills Block Interlocking System.

Mayar & Sriandila. (2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini . Jurnal Pendidikan Tambusai , 9771 -9774 .

Murdiyanto, Eko. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press .

Ningrum, W. P. (2017). Pengaruh Bermain Pembangunan terhadap Kemampuan Meniru Bentuk pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Insan Mandiri Bandar Lampung.

Permendikbud No. 137 (2014) tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Prasetyo, Bambang dan Jannah.(2005). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 91-100.

Rendi, R. (2019). Pendidikan Sepanjang Hayat Dan Pendekatan Androgogi. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 108-121.

Rezieka, D. G., Munastiwi, E., Na’imah, N., Munar, A., Aulia, A., & Bastian, A. B. F. M. (2022). Memfungsikan jari jemari melalui kegiatan mozaik sebagai upaya peningkatan motorik halus anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4321-4334.

Suryana & Rupnidah. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini . PAUD Agapedia, Vol.6 No. 1 Juni 2022 , 49-51.

Tambulon. (2014). Penelitian Tindakan kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tania, Sobarna & Hakim. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Melukis dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Beyna Ceria Kota Bandung. Early Childhood Teacher Education .

Tartila, Masnipal & suhardini (2017). Analisis terhadap Pembelajaran dengan Permainan Mobis Basic dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Pendidikan Guru PAUD , 1.

Wasil, Mohammad. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Silvi Fauziah Ihsan, Muflih Ma’mun, & Muhamad Yusuf Kurniansyah. (2024). PENERAPAN PERMAINAN MOBIS DALAM MEMPERKUAT PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-MA’MUR. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(3), 9–20. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i3.6183