Persepsi Masyarakat Balikpapan terhadap Gerakan Transisi Paud ke SD yang menyenangkan

Authors

  • Sri Purwanti universitas mulia
  • Mada Aditiya Universitas Mulia
  • Bety Vitriana Universitas Mulia

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja program transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan di Kota Balikpapan melalui persepsi Masyarakat khususnya orang tua. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, serta analisis data. Hasil survei menunjukkan bahwa persepsi orang tua siswa PAUD dan orang tua siswa kelas rendah SD di Balikpapan terhadap kinerja program transisi PAUD ke SD adalah baik. Hasil tersebut didukung oleh sembilan indikator kinerja, di mana tiga indikator memiliki mutu A, tiga indikator mutu B, dua indikator mutu C, dan dua indikator mutu D. Rekomendasi perbaikan berkelanjutan termasuk mempertahankan dan mengoptimalkan indikator dengan mutu A dan B, serta memprioritaskan perbaikan pada indikator dengan mutu C dan D. Analisis kinerja program transisi PAUD ke SD juga dilakukan untuk wilayah Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, Balikpapan Timur, Balikpapan Utara, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Selatan. Hasilnya menunjukkan variasi dalam capaian kinerja di antara wilayah-wilayah tersebut, dengan rekomendasi khusus untuk setiap wilayah guna meningkatkan capaian kinerja indikator yang masih di bawah rata-rata Kota Balikpapan.

Keywords:

persepsi masyarakat, transisi PAUD ke SD

References

Aini, N. (2023). Parenting Untuk Ayah Dan Ibu Di Ra Persis 27 Raihan: Parenting. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(1),1–10. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i1.3968

Elan, E., Rahman, T., & Fithriyati, N. A. (2023). Analisis Buku Cerita Bergambar Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i2.9932

Fairuz, N. (2023). Analisis Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(2),1–5. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i2.4608

Fatonah, B. S., Qonita, Q., & Mulyana, E. H. (2024). Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gawai untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1),123-134. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10386

Lestari, D. A., Rukiyah, R., & Suningsih, T. (2022). Persepsi Orang Tua Tentang Literasi Baca Tulis Anak Usia (5-8) Tahun Dikelurahan Srijaya Palembang. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 9(2), 191-204. https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.19056

Moleong,L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfita, Regita. (2019). Transisi Paud Ke Jenjang Sd: Ditinjau Dari Muatan Kurikulum Dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019, hal. 412-420.

Rachmat, I. F. (2019). Pengaruh Kelekatan Orang Tua Dan Anak Terhadap Penggunaan Teknologi Digital Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(1),14–29. https://doi.org/10.32534/jjb.v6i1.546

Reza, M., Asbari, M., & Ely. (2023). Transisi PAUD ke SD: Solusi Pendidikan Menyenangkan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(3), 7–10. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i3.980

Sari, S. Y. (2019). Eksistensi keluarga dalam pembentukan karakter anak usia dini. Primary Education Journal (Pej), 3(1). https://doi.org/10.36706/jtk.v6i2.9961

Septiana, D., & Andika, W. D. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Sikap Gigih Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Srijaya. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 9(1), 26-39. https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.16891

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779-5794. doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320

Sri Rika Amriani.H, Rusmayadi, Dzulfadhilah, F., Sitti Nurhidayah Ilyas, & Rika Kurnia R. (2023). Peningkatan Peran Orang Tua Dalam Mendukung Penguatan Transisi Paud Ke Sd Yang Menyenangkan Di Tk Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa Melalui Kegiatan Seminar Parenting. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 117–123. Https://Doi.Org/10.26858/Ininnawa.V1i2.649

Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Aman Duta Jaya.

Yuliani, Nurani, Sujiono. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Purwanti, S., Wardhana, M. A., & Vitriana, B. (2024). Persepsi Masyarakat Balikpapan terhadap Gerakan Transisi Paud ke SD yang menyenangkan. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(2), 129–137. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5985