MODEL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION CURRICULUM IN DEVELOPING COUNTRIES
KURIKULUM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI NEGARA BERKEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5693Abstract
Model kurikulum anak usia dini di negara berkembang bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan dan memberikan landasan bagi anak untuk melihat jenjang pendidikan selanjutnya. Kurikulum ini memuat garis besar kegiatan pokok yang harus dilaksanakan pada setiap lembaga pendidikan, meliputi tujuan pendidikan sebagai sasaran yang harus dicapai atau diwujudkan, materi pokok, bentuk kegiatan, dan standar penilaian. Pendidikan diberikan dalam rangka membantu individu mengembangkan kecerdasan, menjalani kehidupan yang berkualitas, dan mencapai kehidupan yang sejahtera. Upaya untuk menyampaikan pemahaman yang baik kepada seluruh orang tua mengenai komponen pendidikan anak usia dini merupakan suatu hal yang sangat diperlukan. Hal ini perlu dilakukan agar orang tua memahami bagaimana perkembangan anak usia dini yang sesuai dengan usianya. Permasalahan penerapan kurikulum pada anak usia dini masih memerlukan pembaharuan dan perbaikan dari pihak guru, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), sedangkan sistem pendidikan di Indonesia memberikan kebebasan bagi generasi emas yang cerdas moral, unggul kognitif dan psikomotorik produktif. metode penelitian menggunakan jenis penelitian kepustakaan yaitu pengumpulan data atau penulisan ilmiah yang ditujukan pada objek penelitian atau pengumpulan data kepustakaan. Penelitian ini pada dasarnya fokus pada penelaahan kritis dalam pembelajaran, memberikan kesempatan bagi siswa untuk bereksperimen, bekerja sama, dan mengembangkan pengetahuan mereka sendiri. Dengan demikian, model kurikulum di negara berkembang lebih menekankan pada pengembangan keterampilan hidup dan keterampilan berpikir kritis serta keterampilan sosial-emosional selain pengetahuan akademik. Siswa tidak hanya diharapkan memperoleh pengetahuan akademik , tetapi juga diharapkan memperoleh keterampilan dan pengetahuan. Pendidikan di sini tidak hanya bertujuan untuk mentransfer pengetahuan akademik, tetapi juga untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan praktis yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords:
Model Kurikulum, Anak Usia Dini, Negara BerkembangReferences
Ahmad, A. K., & Rahayu, K. M. (2020). INTEGRASI KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM AL AZHAR ASY SYARIF DI Mtsn AL AZHAR ASY SYARIF INDONESIA (Vol. 1, Issue 3).
Dina Julita & Rudi Susilana, September 2018, IMPLEMENTASI KURIKULUM MONTESSORI BERNAFASKAN ISLAM PADA PAUD RUMAH BERMAIN PADI DI KOTA BANDUNG, Universitas Pendidikan Indonesia. (Volume 11, Nomor 2).
Dr. Anita Yus, M. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: kencana.
Eca Gesang Mentari, S.Pd. (2019). Model-Model pembelajaran Anak Usia Dini Teori dan Implementasi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Khadijah, Arlina, Riska Wahyuni Hardianti, Maisarah, 2021, MODEL PEMBELAJARAN BANK STREET & SENTRA, SERTA PENGARUHNYA TERHADAP SOSIAL EMOSIONAL ANAK, Universitas Islam Negri Sumatera Utara. (Obsesi Volume 5, Nomor 2)
Nanik rahayu, s. p. (2023). model pembelajaran high scope pendidikan anak usia dini. EDUKASIA: jurnal pendidikan dan pembelajaran,
Ningsih, Sri Yunimar, and Nenny Mahyuddin. 2021. "Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak" Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):137-49. doi: 10.31004/obsesi voil.1217
Rahayu, Nanik, Saniyya Putri H, Masitha Nunlehu, Mia Sumiani Madi, and Nita Priyanti 2022 "Model Pembelajaran High Scope Pendidikan Anak Usia Dini" EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4(1):61-68. doi: 10.62775/edukasia vil.101.
Setyowati, Rina Insan?, Dessy Farantika, and Zahro Muna Lutfia. 2021. "Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia Pada Anak Usia Dini." Jurnal Sinda 1
Afidah, Hidayatul dkk. 2015. Makalah: Model Klarifikasi Nilai dan Konsiderasi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Anonim, 2012 Konsep Pendekatan BCCT. Makalah Seminar: "Konsep dan Praktik Metode BCCT" Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman tanggal 28 November 2009. dalam Slamet Lestari, Implementasi Metode Beyond Centers & Circle Times (BCCT), Jurnal Menagenen No. 01/Th VIII/ April.
Choifivah, Siti. 2008. Skripsi: Penerapan Metode BCCT (Beyond Centers & Circle Times) di PAUD Unggulan Nasional Anak Shaleh Malang. Malang: Psikologi UIN Malang.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Balai Pustaka. Farida Samad, Farida dan Bujuna Alhadad. "Implementasi Metode Beyond Center And Circle Time (Bect) dalam Upaya Penanaman Nilai-nilai Agama Islam Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Khalifah Kota Ternate", Jurnal Pendidikan Usia DiniVolume 10 Edisi 2, November 2016.
Lestari, Slamet. 2012. "Implementasi Metode Beyond Centers & Circle Times(BCCT)". Jurnal Manajement No. 01/Th VIII/April.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Jakarta: Rineka Cipta.
Mukti Diyah Puspitarini. 2008. Implementasi Pembelajaran Beyond Center And CircleTime (BCCT) Di Kelompok Bermain (Kb) Surya Ceria Aisyiyah (Sca) Karanganyar UNY, Yogyakarta.
Achmadi. (2019). Model Pembelajaran Sentra dapat Mengembangkan Sikap Bersosial untuk Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Gettman, D. (2016). Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar: Aktivitas Belajar untuk Anak Balita. (A. Nuriowandari, Penerj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.