IMPLEMENTASI PRINSIP GAGASAN KURIKULUM MARIA MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN PAUD

Authors

  • Nur Anggraeni PIAUD UIN JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5689

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi prinsip-prinsip kurikulum yang terinspirasi dari gagasan Maria Montessori dalam konteks pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kami menggunakan pendekatan library research untuk melakukan tinjauan terhadap berbagai sumber literatur, jurnal ilmiah, buku, dan dokumentasi terkait guna memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang prinsip-prinsip Montessori dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut diterjemahkan ke dalam praktik pembelajaran sehari-hari anak usia dini. Tujuan penelitian meliputi pengenalan Montessori, pandangan Montessori, dasar pemikiran Montessori, penerapan prinsip-prinsip Montessori dalam kurikulum dan pembelajaran PAUD, Kurikulum Pembelajaran Montessori, Peran Guru dalam pembelajaran Montessori, serta kelebihan dan kekurangan kurikulum Montessori. Harapannya, hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan PAUD dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan anak usia dini.

Keywords:

Gagasan Kurikulum, Maria Montessori, Pembelajaran PAUD

References

Adesemowo (2022). Basic Of Education: The Meaning And Scope Of Education. Olabisi Onabanjo University.

Abdul Majid, (2014). Impeleentasi Kurikulum 20s13 Kajian Teoritis dan Praktis, Bandung: Interes Media.

AMI Board & Honorary Global Roles. (2024). Biography of Maria Montessori. AMI Board & Honorary Global Roles. https://montessori-ami.org/resourcelibrary/facts/biography-maria-montessori

Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana, Hal. 1–193.

Dimyati, T. R. (2018). Pembentukan Karakter Mahasiswa Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1716

Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Bunayya, 3(1). https://jurnal.arraniry.ac.id/Index.Php/Bunayya/Article/View/2045/1516

Hastuti, D. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Montessori. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1), 7–14.

Mandiri, Y. H. G. (2024). Perbandingan dan Analisis Kurikulum Montessori: Kelebihan dan Kekurangannya. Global Prestasi. https://globalprestasi.sch.id/id/news-event/kurikulum-montessori kelebihan-dan-kekurangannya/

Masyrofah. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50941

Nur Afifah, D. (2020). Membedah Pemikiran Maria Montessori Pada Pendidikan Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2).

Vidya Dwina Paramita. (2017). Jatuh Hati pada Montessori. Bandung: Bentang Pustaka.

Yuniatari, Y. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok, Sudut, Area, dan Sentra dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Islamic EduKids, 2(02), .https://doi.org/10.20414/iek.v2i02.2891

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Anggraeni, N. (2024). IMPLEMENTASI PRINSIP GAGASAN KURIKULUM MARIA MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN PAUD. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 12(2), 32–51. https://doi.org/10.32534/jjb.v12i2.5689