IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI

Authors

  • Enjelie Tesalonika S Mahasiswa PGPAUD UNJA

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v11i1.4376

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan keaksaraan pada aspek menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama, aspek mengenal suara huruf awal dari nama benda–benda yang ada di sekitarnya, aspek memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 17 anak. Penarikan sampel dilakukan dengan Teknik total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan kriteria penafsiran presentase. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian didapatkan: 1) Identifikasi perkembangan keaksaraan pada aspek menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal pada tingkat “Sedang” (46%). 2) Identifikasi perkembangan keaksaraan pada aspek mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya pada tingkat “Tinggi” (62%). 3) Identifikasi perkembangan keaksaraan pada aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama pada tingkat “Sedang” (52%). 4) Identifikasi perkembangan keaksaraan pada aspek memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf pada tingkat “Rendah” (37%).  Kesimpulan penelitian bahwa perkembangan keaksaraan anak usia dini 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi berada pada tingkat “Sedang” (49%).

Keywords:

Kata Kunci : Identifikasi, Perkembangan Keaksaraan, Anak Usia 5-6 Tahun

References

Alfiana, R., Kuntarto, E., Oktavianto, A. W., & Julianty, E. P. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Repository Unja.
Mahmudah, Y., & Setiadi, G. (2021). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 22-29.
Matin, R. H., Ety Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446.
Nurwahyuni, E. & Mahyuddin, N. (2021). Penilaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun Pada Masa New Normal Di Taman Kanak-Kanak Ridhotullah Padang. Jurnal Cikal Cendekia, 2(1), 11-23.
Shaleh, M., Batmang, B., & Anhusadar, L. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4726–4734.
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
Sutja, A. et al., (2017). Panduan penulisan Skripsi. Program Ekstensi Bimbingan dan Konseling. Jambi : FKIP Universitas Jambi.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Tesalonika S, E. (2023). IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(1), 52–60. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i1.4376