a Analisis Kompetensi Pedagogik Guru AUD Non Linier Terhadap Proses Pembelajaran Pada TK/RA di Kelurahan Fajar Baru Kabupaten Bengkulu Utara

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru AUD Non Linier Terhadap Proses Pembelajaran Pada TK/RA di Kelurahan Fajar Baru Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • Resti Abdillah Abdillah UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v10i2.3584

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru AUD Non Linier Terhadap Proses Pembelajaran Pada TK/RA di Kelurahan Fajar Baru Kabupaten Bengkulu Utara. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini dimana guru yang menjadi narasumber dalam penelitian ini masih kurang memiliki pengalaman dalam proses belajar-mengajar. Metode yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian (Field Research) atau penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data/sumber dan Triangulasi metode. Adapun faktor yang mempengaruhi rendahnya kompetensi pedagogic guru di RA Tunas Harapan yaitu, (a) Pengalaman mengajar, (b) Penataran dan pelatihan.

 

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru AUD Non Linier, Proses Pembelajaran

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the Pedagogic Competence of Non-Linear AUD Teachers on the Learning Process in Kindergarten/RA in Fajar Baru Village, North Bengkulu Regency. The problem that occurs in this study is that the teacher who is the resource person in this study still lacks experience in the teaching and learning process. The method used for this research uses qualitative research with the type of research (Field Research) or field research. Collecting data using observation, interviews, and documentation. The data validation technique uses data/source triangulation and method triangulation. The factors that influence the low pedagogic competence of teachers at RA Tunas Harapan are, (a) teaching experience, (b) upgrading and training.

 

Keywords: Pedagogic Competence, Non-Linear AUD Teachers, Learning Process.

Keywords:

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru AUD Non Linier, Proses Pembelajaran

References

Ayvaz-Tuncel, Z., & Tuncel, ?. (2019). Good Teacher Perceptions of Students Attending the Pedagogical Formation Certificate Program. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 165. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.17093

Aziz, S. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Kalimedia.

Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, N. dan I. (2013). Kerangka besar pembangunan PAUD Indonesia periode 2011-2025. Kementrian Pendidikan Nasional.

Fakhruddin, A. U. (2019). Menjadi Guru PAUD. PT Elex Media Komputindo.

Fitria, N. (2017). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.

Fonsén, E., & Ukkonen-Mikkola, T. (2019). Early Childhood Education Teachers’ Professional Development towards Pedagogical Leadership. Educational Research, 61(2), 181–196. https://doi.org/10.1080/00131881.2019.1600377

Gutama. (2012). Acuan Menu Pembelajaran Pada Kelompok Bermain. Direktorat PAUD.

Haenilah, E. Y. (2015). Kurikulum Pembelajaran PAUD. Media Akademi.

Harini, S. (2006). Faktor-Faktor Strategis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran di SMP Negeri Se-Salatiga. Universitas Muhammaddiyah Surakarta.

Hasbullah. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Hurlock, E. (2013). Child Growth and Development. McGraw-Hill Publishing Company.

Iqbal, M. (2019). Penerapan Kompetensi Pedogogik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Pendidikan Islam. Attractive Journal, 1(1), 114.

Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Jamaris, M. (2011). Perkembangan dan Pengembangan Anak. Grasindo.

Janawi. (2011). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Shiddiq Press.

Kebudayaan, D. P. dan. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tentang Standar Pendidikan Nasional.

Khodijah, N. (2013). Kinerja Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi di Sumatera Selatan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1263

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers.

Mahmud, & Suntana, I. (2011). Antropologi Pendidikan. CV Pustaka Setia.

Maningtyas, S, B, F, & G. (2020). Compiling Plan of Learning Activities and Evaluation for Early Childhood Learning. Series Educational, 2(13), 178–186.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. PT Remaja Rosdakarya.

Maunah, B. (2017). Supervisi Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Kalimedia.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Morrison, G. (2011). Early Ckildhood Educational Today. Merill Publising Company.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. (2013). Kiat Merangsang Kecerdasan Anak. Puspa Swara.

Nuraeni Marwa, D., & Sumardi. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Non Formal dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 66–73. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1395

Nurmayuli. (2019). Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kompetensi Pedagogik Guru Ibtidaiyah Se-Kota Lhokseumawe. Jurnal Al-Mabhats, 4(1), 119–145. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/al-mabhats/article/view/482

Priatno, N., & Sukamto, T. (2013). Pengembangan Profesi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. N. (2007). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Rosita, R., Aziz, H., & Afrianti, N. (2021). Hubungan Kualifikasi Akademik dengan Kompetensi Pedagogik Guru RA. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i1.225

Sadulloh, U. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Alfabeta.

Santri, N. F. (2017). Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Watampone. Jurnal Biotek, 1(1).

Sari, D. (2018). Perbedaan Kompetensi Guru PAUD Yang Berpendidikan S1 PAUD Dengan Non PAUD Di TK Aisyiyah Busatanul Athfal Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 3(1).

Silvia, E. F., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tersertifikasi Terhadap Minat Belajar Anak Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 8(1).

Soufe, A. (2010). Child Development Its Nature and Course. McGraw-Hill.

Subandji, S., Shofa, M. F., & Syamsiyati, R. N. (2020). Analisis Kompetensi Pendidik PAUD pada Alumni Program Studi PIAUD FIT IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 9–19. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.30651

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru PAUD Dalam Pembelajaran Di PAUD Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Suprihatiningrum, J. (2013). Gurru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media.

Surahman, B. (2021). Kompetensi Pedagogi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Suryadi. (2014). Kiat Jitu Dalam Mendidik Anak. Dani Jaya Abadi.

Syaodih, N. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Tongyong, A. F. (2011). Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Gramedia Pustaka Utama.

Usman, M. U. (2003). Menjadi Guru professional. PT Remaja Rosdakarya.

Wahyono, P., & Husamah, H. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Gaung Persada.

Zyuro, H. S. N., & Komalasari, D. (2020). Analisis Masalah Kompetensi Pedagogik Guru Paud Tersertifikasi di Kecamatan Lamongan. Jurnal PAUD Teratai, 9(1). = https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/35155

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Abdillah, R. A. (2023). a Analisis Kompetensi Pedagogik Guru AUD Non Linier Terhadap Proses Pembelajaran Pada TK/RA di Kelurahan Fajar Baru Kabupaten Bengkulu Utara: Analisis Kompetensi Pedagogik Guru AUD Non Linier Terhadap Proses Pembelajaran Pada TK/RA di Kelurahan Fajar Baru Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 10(2), 1–13. https://doi.org/10.32534/jjb.v10i2.3584