Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Paru Provinsi Jawa Barat

Authors

  • Sri Widyawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Uus Husni Mahmud Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rully Annisa Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jik%20umc.v8i2.1193

Abstract

Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Paru Provinsi

Jawa Barat

 

Sri Widyawati1, Uus Husni Mahmud2, Rully Annisa2

Mahasiswa S1 Keperawatan UMC1, Dosen FIKes2

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang :Rumah sakit merupakan salah satu bentuk organisasi penyelenggara pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan rawat darurat. Rumah sakit memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif mencakup semua aspek promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bagi seluruh lapisan masyarakat . Rumah sakit dituntut harus dan mampu mewujudkan pelayanan yang efisien, efektif dan bermutu serta berorientasi pada kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan .Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RS Paru Provinsi Jawa Barat tahun 2018.Metode  Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional (potong lintang). Jumlah responden nya ada 39 orang. Kesimpulan dari penelitian ada hubungan yang signifikan  antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien diruang rawat inap Rumah Sakit Paru Provinsi tahun 2018 dengan p value= 0,005

Kata Kunci : Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien

 

Downloads

Published

2019-07-08

How to Cite

Widyawati, S., Mahmud, U. H., & Annisa, R. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Paru Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2). https://doi.org/10.32534/jik umc.v8i2.1193

Most read articles by the same author(s)

> >>