Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia PraSekolah di Paud Desa Kalibuntu Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes
DOI:
https://doi.org/10.32534/jik%20umc.v8i2.1195Abstract
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia PraSekolah di Paud Desa Kalibuntu Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes
Yull Azizah1, Oktiani Tejaningsih2, Rully Annisa2
Mahasiswa S1 Keperawatan UMC1, Dosen FIKes2
ABSTRAK
Latar Belakang: Masa anak-anak merupakan masa keemasan, jendela kesempatan, dan masa kritis bagi perkembangan. Banyaknya gangguan pada anak seperti kurang bersosialisasi, kurang inisiatif dan banyak diam karena takut salah dalam melakukan sebuah tindakan menandakan adanya masalah psikososial pada anak. Oleh sebab itu, pentingnya pola asuh orangtua dalam mendidik anak untuk menanamkan perilaku yang baik secara sosial dan mental perlu dilakukan untuk menyiapkan masa depan yang baik.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui apakah ada hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan prikososial anak usia prasekolah di PAUD Desa Kalibuntu Losari-Brebes.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia prasekolah dan orangtua berjumlah 83 anak di PAUD Desa Kalibuntu Losari-Brebes. Sampel penelitian berjumlah 61 responden yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data pola asuh orangtua menggunakan instrumen Parenting Styles and Dimensions Quetionnaire-Short Version (PSDQ) sedangkan data perkembangan psikososial menggunakkan instrumen Veneland Social Maturity Scale (VSMS). Analisa bivariat menggunakkan Uji Chi-Square dan Uji Komogorov-Smirnove.
Hasil: Uji statistik menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orangtua di PAUD Desa Kalibuntu Losari-Brebes adalah auhtoritative sebanyak 36 orangtua (59,0%) dan anak yang mengalami perkembangan inisiatif sebanyak 47 anak (77%). Uji Komogorov-Smirnove menunjukkan nilai p= 0,00 (<p=0,05).
Kesimpulan: Adanya hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di PAUD Desa Kalibuntu Losari-Brebes.
Saran: Diharapkan orangtua dapat mendidik anak dalam mengembangkan personal sosial juga perlu diperhatikan dengan mengajarkan anak berbagai pendidikan interaktif yang berhubungan dengan kemandirian dan bersosialisasi.
Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan Psikososial, Anak Usia Prasekolah