Hubungan Motivasi Belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Tingkat III Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon

Authors

  • Mela Nopiyanti Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rully Annisa Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Fitri Alfiani Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jik%20umc.v8i2.1189

Abstract

Hubungan Motivasi Belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Tingkat III Program Studi Ilmu Keperawatan

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Cirebon

 

 

Mela Nopiyanti1, Rully Annisa2, Fitri Alfiani2

Mahasiswa S1 Keperawatan UMC1, Dosen FIKes2

 

ABSTRAK

Latar Belakang Penelitian : Salah satu indikator suatu negara dapat dikatakan memiliki pendidikan yang baik apabila Perguruan Tinggi (PT) yang ada didalamnya memiliki prestasi yang baik dan dapat menghasilkan kualitas lulusan sarjana yang kompeten. Kualitas yang baik dapat dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diraihnya. IPK merupakan angka yang menunjukkan prestasi atau kemajuan belajar mahasiswa secara kumulatif. Motivasi belajar merupakan kekuatan yang dapat menjadi tenaga pendorong bagi mahasiswa dalam mendayagunakan potensi-potensi yang ada didalam dan diluar dirinya untuk mewujudkan tujuan belajar. Rendahnya motivasi merupakan masalah dalam belajar karena memberikan dampak bagi ketercapaian hasil belajar.

Tujuan Penelitian : Mengetahui adakah hubungan motivasi belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa tingkat III PSIK FIKES UMC.

Metode : Menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan sampel menggunakantotal sampling. Jumlah sampel sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknis analisa menggunakan uji Pearson Exact.

Hasil : Hasil penelitian ini sebagian besar mahasiswa memiliki motivasi belajar sedang sebanyak 40,0%, dan sebagian besar mahasiswa memiliki IPK sangat memuaskan sebanyak 56,7%. Berdasarkan Uji Pearson didapatkan P = 0,000 < 0,05, artinya ada hubungan antara motivasi belajar dengan IPK Mahasiswa Tingkat III PSIK FIKES UMC Tahun 2019.

Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Tingkat III PSIK FIKES UMC Tahun 2019.

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Indeks Prestasi Kumulatif, Mahasiswa.

 

Downloads

Published

2019-07-08

How to Cite

Nopiyanti, M., Annisa, R., & Alfiani, F. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Tingkat III Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2). https://doi.org/10.32534/jik umc.v8i2.1189