Analisis Kecerdasan Emosional Mahasiswa Tingkat II Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.32534/jik%20umc.v9i2.1681Abstract
Analisis Kecerdasan EmosionalMahasiswa Tingkat II Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah CirebonRully Annisa11 Dosen Prodi Sarjana Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Cirebon
Email: rullyannisa20@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang: Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu yang dapat mengendalikan perasaan diri sendiri dan orang lain, serta dapat mengelola pikiran dan tindakan. Individu yang memiliki kecerdasan emosional tinggi akan mempunyai sikap yang tenang dalam menghadapi sesuatu, tidak khawatir, tidak mudah takut dan selalu berfikir matang sebelum bertindak.Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan TotalSampling berjumlah 65mahasiswa aktif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Kecerdasan Emosional dengan 42 item pernyataan.Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan yang memiliki kecerdasan emosionalkategori sedang sebanyak 21mahasiswa, dan mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional kategori tinggi sebanyak 44mahasiswa.Kesimpulan: Terdapat 65mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosionalpadamasing-masingkategoriSedangdanTinggi.Mahasiswa dengan kecerdasan emosional tinggi cenderung dapat mengelola dan mengendalikan emosi untuk beradaptasi dengan perubahan. Kecerdasan emosional mencakup kemampuan individu dalam mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain (empati) dan membina hubungan dengan orang lain.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Mahasiswa, Program SarjanaKeperawatan