PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP PEMBANGUNAN KESEHATAN DI DESA DOMPYONGWETAN KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.32534/jsfk.v11i02.1444Abstract
Penelitian ini berangkat dari perrtanyan: dapatkah pembangunan kesehatan dilakukan tanpa disertai pendidikan? Jika dapat bagaimana hasilnya? Dan apakah pembangunan kesehatan yang disertai dengan pendidikan itu dapat memberikan hasil yang lebih baik? Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pendidikan di Desa Dompyongwetan Kecamatan Gebang? 2) Bagaimana pembangunan kesehatan di Desa Dompyongwetan kecamatan Gebang? 3) Berapa besar pengaruh pendidikan terhadap pembangunan kesehatan Desa Dompyongwetan Kecamatan Gebang? Sedangkan tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pendidikan masyarakat di Desa Dompyongwetan Kecamatan Gebang. 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembangunan kesehatan di Desa Dompyongwetan Kecamatan Gebang. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan terhadap partisipasi pembangunan kesehatan Desa Dompyongwetan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-survey explanatory dengan cara menguji hipotesis melalui pengolahan dan pengujian data secara statistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, pengamatan dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang ada di Desa Dompyongwetan Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon yang berusia 15-55 tahun (usia produktif) Mengingat keterbatasana peneliti, maka peneliti mengambil sampel secara acak sederhana/ random sampling dan diperoleh sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 98 orang responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis data dengan uji statistik menujukkan bahwa hubungan antara pendidikan dan pembangunan kesehatan sebesar 0,187 yang berarti bahwa ada pengaruh yang positif antara Tingkat Pendidikan terhadap Pembangunan Kesehatan di Desa Dompyongwetan Kabupaten Cirebon. Dengan kata lain apabila variabel pendidikan semakin tinggi maka akan semakin tinggi pula partisipasi masyarakat dalam pembangunan kseahatan. Besarnya pengaruh Variabel Pendidikan Terhadap Pembangunan Kesehatan di Desa Dompyongwetan Kabupaten Cirebon adalah sebesar 3,50% selebihnya 96,50% ditentukan oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil- hasil yang telah dikemukakan di atas maka hipotesa yang dikemukakan dalam penelitian ini dapat diterima yaitu ada pengaruh antara Pendidikan Terhadap Pembangunan Kesehatan Desa Dompyongwetan.
Keywords:
Pendidikan, Pembangunan, KesehatanReferences
Nasution, Amran. 1997. Perencanaan Kesehatan. Medan. USU Press
Sugiono, 2003. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung
Slamet, 1998. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara