GAMBARAN SALURAN PEMASARAN DI TEMPAT PEMOTONGAN HEWAN (TPH) SUMBER REJEKI KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.32534/jkd.v12i1.3182Abstract
Saluran pemasaran merupakan suatu aliran produk dari produsen ke konsumen akhir, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran sapi potong di TPH Sumber Rejeki. Tempat pelaksanan penelitian di TPH Sumber RejekiKabupaten Cirebon. Metode pemeilihan lokasi dengan metode purposive sampling. Kriteria TPH Sumber Rejeki menjadi tempat penelitian merupakan 1) jasa pemotongan ternak dan menjual daging sapi local dan daging sapi import beku. 2) mendapatkan izin dan pengawasan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon dan MUI Kabupaten Cirebon Metode penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan wawancara dengan pihak pemilik peternak mengenai saluran pemasaran di TPH Sumber Rejeki. TPH Sumber Rejeki saluran pemasaran sudah cukup baik, TPH sumber rejeki terdapat ada 3 saluran yaitu : 1) sebagai produsen langsung ke konsumen, 2) produsen ke pedagang kecil baru ke konsumen. 3) produsen ke pedagang olahan baru ke konsumen. Pedagang kecil merupakan pedagang bakso keliling, sedangkan untuk pedagang olahan adalah pemilik catering, warung menjual masakan matang, pedagang eceran bakul yang menjualkan ke pasar-pasar.