ETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA MEDIA PERPESANAN GRUP WHATSAPP “10.CIGASONG MEMBER ONLY”

Penulis

  • Dini Pujiyanti S1 Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indonesia
  • Ida Ri'aeni Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ririn Risnawati Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v6i1.5799

Abstrak

Komunikasi merupakan cara kita untuk dapat saling mengerti dan saling tahu apa makna yang dimaksud oleh orang lain dan begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun serta menafsirkan makna serta bagaimana aturan pada sebuah percakapan. Penelitian menggunakan pendekatan Etnografi komunikasi memfokuskan diri pada telaah bagaimana anggota kelompok sebuah budaya menggunakan bahasa (berkomunikasi) dalam hidup bersosial atau interaksi sosial. Hymes mengemukakan etnografi komunikasi adalah situasi tutur (speech situation), peristiwa tutur (speech event), dan tindak tutur (speech act). Situasi tutur sendiri didefinisikan Hymes sebagai sekumpulan situasi dalam (atau ditandai dengan ketidakhadiran) tuturan (situations associated with (or marked by the absence of) speech), (Anshori,2017). Khususnya terkait dengan situasi tutur (speech situation), peristiwa tutur (speech event), dan tindak tutur (speech act). Meneliti mengenai proses komunikasi yang berlangsung, analisis percakapan di grup whatsapp, dan dilihat bagaimana situasi tutur (speech situation), peristiwa tutur (speech event), dan tindak tutur (speech act) dalam percakapan di media grup whatsapp 10.CIGASONG MEMBER ONLY. Grup WhatsApp dimaknai sebagai media yang tepat dan efektif dalam memelihara komunikasi antar anggota. Analisis percakapan yang terdapat dalam grup wahtsapp10.CIGASONG MEMBER ONLY ada keterkaitanya juga dengan etnografi komunikasi karena adanya peranan bahasa sebagai aktivitas percakapan atau komunikasi. Tuturan yang dianalisis tentu saja dalam penelitian ini berbentuk percakapan dalam konteks interaksi dengan anggota satu dengan anggota lain dalam kelompok. Setiap anggota dalam grup whatsapp memiliki persepsi atau makna yang berbeda menanggapi isi pesan, karena setiap anggota atau orang mempunyai pemikiran berbeda-beda, maka dari itu harus mengetahui sitiasi tutur, peristiwa tutur, tindak tutur dalam sebuah percakapan yang sedang terjadi serta penggunaan memperhatikan ragam bahasa perlu memperhatikan penutur dan mitra tutur, tujuan konteks dan tuturan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam penggunaan tuturan, agar tidak menimbulkan salahpaham atau misskomunikasi dengan jangka panjang.

Kata Kunci: Percakapan, Etnografi Komunikasi, Situasi tutur, Peristiwa tutur, Tindak tutur.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Pujiyanti, D., Ri’aeni, I., & Risnawati, R. (2022). ETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA MEDIA PERPESANAN GRUP WHATSAPP “10.CIGASONG MEMBER ONLY”. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 6(1), 32–47. https://doi.org/10.32534/jike.v6i1.5799

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama