Kemampuan Personal Hygiene Anak Usia 4-6 Tahun Di Desa Selamanik Ciamis

Sebuah StudI Deskriptif Kuantitatif Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Desa Selamanik Ciamis

Penulis

  • Tia Puspita Universitas Pendidikan Indonesia image/svg+xml
  • Taopik Rahman
  • Purwati Purwati

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7835

Kata Kunci:

Kesehatan, Kebersihan Diri, Anak Usia Dini

Abstrak

Personal hygiene merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia dini yang berdampak langsung terhadap kesehatan, kemandirian, dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan personal hygiene anak usia 4–6 tahun di Desa Selamanik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 21 anak. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pada Google Form yang dikirimkan melalui apilkasi whatsapp. Indikator personal hygiene yang meliputi 10 aspek, antara lain kebersihan tangan, gigi, rambut, kaki, dan yang lainya dengan skala penilaian 1–4. Skor maksimal adalah 40, dan data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase dan rerata, kemudian dikategorikan ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan personal hygiene anak adalah 33,81 (84,52%), yang termasuk dalam kategori tinggi. Sebanyak 16 anak (76,19%) termasuk kategori tinggi, dan 5 anak (23,81%) berada pada kategori sedang. Tidak terdapat anak dalam kategori rendah. Indikator yang memperoleh skor tertinggi adalah mencuci tangan sebelum makan dan menyikat gigi, sementara indikator yang cenderung rendah adalah mencuci tangan setelah buang air dan membersihkan telinga. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar anak telah memiliki kebiasaan personal hygiene yang baik, namun masih diperlukan pendampingan dan edukasi berkelanjutan, terutama dalam indikator yang kurang optimal. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi antara orang tua dan lembaga PAUD dalam memperkuat pembiasaan hidup bersih sejak usia dini. Temuan ini menjadi dasar penting dalam merancang intervensi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia dini.

Referensi

Aini, N., Shodiq, M. M., Nur, B., Mokodongan, F., & Juniarti, Y. (2023). Peran Orang Tua dalam Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Pendahuluan Pendidikan anak usia dini ( PAUD ) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(2654-752X), 68–81.

Angelica, C., Sembiring, L. S., & Suwindere, W. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan tinggi dan perilaku ibu terhadap indeks def-t pada anak usia 4?5 tahun The influence of higher education level and maternal behaviour on the def-t index in children aged 4?5 years old . Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students, 3(1), 20. https://doi.org/10.24198/pjdrs.v3i1.22484

Hasni, N., Amir, R., & Nurlinda, N. (2024). Best Practice Personal Hygiene Orang Tua Balita Stunting : Studi Kasus Di Desa Batulappa dan Desa Kassa. Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika Dan Masyarakat, 24(2), 227–240. https://doi.org/10.32382/sulo.v24i2.813

Khairina, N. S., & Soedirham, O. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak: Literature Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmia STIKES Kendal, 12(4), 853–862. https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/208

Kusmiyati, Muhlis, & Bachtiar, I. (2019). PENYULUHAN TENTANG KEBERSIHAN DIRI UNTUK MENUNJANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SMPN 2 GUNUNGSARI. In Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.992

Lessy, Z., Aisyah, S., Wulandari, W., & Husaini, F. (2022). Pola Pembiasaan Karakter Siswa Dalam Menjaga Kebersihan. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(2), 66–80. https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.445

Pandowo, & Kurniasari. (2019). Pemahaman Personal Hygiene Melalui Pendidikan Kesehatan Pada Penghuni Lapas Perempuan Klas II B Yogyakarta. Journal Of Community Empowerment, 1(1), 18–23.

Purwanza, S. W. (2020). Metodologi Penelitian Kuntitatif, Kualitatiif, dan Kombinasi (Issue March).

Rahmadhani, A. C., & Hasibuan, R. (2025). Meningkatkan Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah TK Labschool Unesa 2. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 239–246. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8672

Ratnawatiningsih, E., & Hastuti, A. P. (2022). Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat di RA Miftahul Falah Gondosuli. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1(1), 44–52. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.14

Kementrian Keseharan Republik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. In Science as Culture (Vol. 1, Issue 4). https://doi.org/10.1080/09505438809526230

Sianturi, L., Tumanggor, T. D., Sidabutar, E. J., & Dakhi, K. N. (2024). Tantangan Pendidikan Dan Kebersihan Di Desa Dolok Saribu. Proficio, 5(2), 515–525.

Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.

Suprobo, N. R., Putri Novembriani, R., Danik Kurniawati, E., & Kirana Hasanah, W. (2022). Edukasi Kebersihan Diri (Personal Hygiene) pada Anak untuk Meningkatkan Kebersihan Diri Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.29407/dimastara.v2i1.19288

Suyadi, A. (2020). Pendidikan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 100–110. https://doi.org/https://doi.org/10.2345/jpa.v6i2.7890

Syukaisih, S., Kursani, E., Alhidayati, A., & Novia, D. (2022). Pengabdian Masyarakat Tentang Personal Hygiene Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 223–228. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.190.

Diterbitkan

2025-08-18

Cara Mengutip

Kemampuan Personal Hygiene Anak Usia 4-6 Tahun Di Desa Selamanik Ciamis: Sebuah StudI Deskriptif Kuantitatif Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Desa Selamanik Ciamis. (2025). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 13(2), 129-140. https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7835

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama