PENGARUH STORY TELLING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7757Kata Kunci:
Story Telling, Kemampuan Berbicara, Anak Usia DiniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode story telling terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 di Tk 05 Artha Asih Fanating. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian menggunakan One-Group Pretest-Posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi sementara teknik analisi data menggunkan Uji-t, Uji homogenitas dan Uji normalitas. Hasil pretest diperoleh nilai rata-rata17.79 sedangkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 36.73. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa Uji-t nilai Thitung sebesar 56.097 > Ttabel 2.045. Tingkat signifinkasi Sig. (2-tailed) adalah 0.000 yang dimana < dari 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima kebebarannya yaitu terdapat pengaruh story telling terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Kristen Artha Asih 05 Fanating.
Referensi
Analisa Gea, & Refni Fajar Wati Zega. (2025). Metode Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1622
Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Bagus Kadek Gunayasa, I., & Tahir, M. (2021). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Gugus III Jonggat Tahun Pelajaran 2020/2021. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 173–181. https://jurnal.educ3.org/index.php
Dewi, I. K., Haryati, E., & Chandra, A. (2023). Story Telling dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5531–5538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5162
Erlita Tri Anggadewi, B. (2021). PROSIDING TEMU ILMIAH X IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN INDONESIA Story telling sebagai media bagi guru untuk mengembangkan komunikasi anak berkebutuhan khusus. Hotel Grasia, 235–239.
Finders, J., Wilson, E., & Duncan, R. (2023). Early childhood education language environments: considerations for research and practice. Frontiers in Psychology, 14(September). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202819
Hentges, R. F., Devereux, C., Graham, S. A., & Madigan, S. (2021). Child Language Difficulties and Internalizing and Externalizing Symptoms: A Meta-Analysis. Child Development, 92(4), e691–e715. https://doi.org/10.1111/cdev.13540
Jannah, M., & Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Paud Terpadu Teratai Unm Makassar. Instruksional, 1(1), 25. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.25-31
Miftahul, J. (2021). VARIABEL DAN SKALA PENGUKURAN STATISTIK. OSFPREPRINS.
Naila, L. (2021). Paikem Model Pembelajaran Alternatif Bagi Anak Usia Dini. JoECCE, 1.
Norma, Y. (2021). PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A1 TK TAMAN ANANDA SURABAYA. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4.
Nur, H., & Ahmad, S. (2024). PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI. Jurnal Kajian Anak, 5(2), 120–133.
Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113–122. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Saodi, S., Rika, S. R., & Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P. (2022). Digital Talking Media: Conversation Strategy in Improving Children’s Speaking Skills in Early Childhood Education Services. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10, 498–505. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.53353
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&N. alfabeta.
Widiyaningrum, N., Masitoh, S., & Hasibuan, R. (2018). The Influence of Storytelling Method on Children Language Development. 212, 283–286. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.62
Zahra, S., & Maaganti. (2024). Article History: Received: April 2024 , Accepted: May 2024 , Published: June 2024. 5(2), 278–288.
