Analisis Strategi Marketing Public Relations di PT Lunar Chemplast

Penulis

  • Mintriati Hasna Universitas Negeri Jakarta
  • Muria Putriana Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Kholik Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5886

Abstrak

Tingkat produktifitas ternak di Indonesia saat ini masih sangat rendah. ditandai dengan kesenjangan antara jumlah pasokan dan permintaan susu. Hal ini disebabkan oleh kurangnya modal usaha, serta minimnya pengetahuan atau keterampilan petani tentang bagaimana cara beternak yang benar. Oleh karena itu, PT Lunar Chemplast hadir untuk mengatasi masalah tersebut dengan menyediakan alat – alat dan solusi peternakan. Penelitian ini berfokus pada strategi Marketing Public Relations (MPR) PT Lunar Chemplast dalam meningkatkan kesadaran para peternak Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap satu key informan dan dua informan. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Lunar Chemplast hanya menggunakan 6 dari 7 alat Marketing PR: Publications, Events, Sponsorhsips, News, Public Service Activities, dan Identity Media. Strategi pull, push, dan pass juga diterapkan untuk mendukung kegiatan Marketing PR. Selain itu, PT Lunar Chemplast menggunakan metode komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada peternak. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah PT Lunar Chemplast perlu memaksimalkan kegiatan Marketing PR dengan melakukan inovasi, serta mengaktifkan platform media sosial sebagai sarana publikasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Hasna, M., Putriana, M., & Kholik, A. (2024). Analisis Strategi Marketing Public Relations di PT Lunar Chemplast . JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(2), 177–186. https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5886

Terbitan

Bagian

Articles