PERTUKARAN SOSIAL DALAM KOMUNIKASI PEMBELAJARAN EFEKTIF PENGAJAR TERHADAP ANAK JALANAN PADA KOMUNITAS PEDULI ANAK JALANAN (KPAJ)

Penulis

  • Nur Alam Universitas Hasanuddin
  • Tuti Bahfiarti Universitas Hasanudin
  • Jeanny Maria Fatimah Universitas Hasanudin

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5881

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pembelajaran efektif pengajar pada Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) terhadap anak jalanan dengan menggunakan teori pertukaran sosial. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kemudian pengklasifikasian data, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketertarikan anak jalanan untuk ikut serta pembelajaran disebabkan karena kenyamanan yang mereka dapatkan sejak mulai bergabung bersama KPAJ hingga saat ini. Data anak jalanan yang dibina oleh KPAJ Makassar kurang lebih 170 anak secara berkala. Kemudian data yang didapatkan diklasifikan kedalam lima prinsip komunikasi efektif yaitu, Respect (Menghargai) menjadi fundamental dalam pendekatan ini, karena anak-anak merasa dihormati sebagai individu yang memiliki suara dan hak, Emphaty (Empati) anggota komunitas berusaha memahami perasaan, pengalaman, dan perspektif anak jalanan, Audible (Terdengar) mencakup penggunaan suara yang dapat didengar dan dipahami dengan jelas oleh anak-anak jalanan, Clarity merujuk pada kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan mudah dipahami, yang menjadi kunci untuk membangun hubungan yang bermakna dan produktif, Humble (Rendah Hati) menciptakan lingkungan yang memberdayakan anak-anak jalanan untuk merasa didengar dan dihargai.

Kata Kunci : Komunikasi, Pembelajaran Efektif, Anak Jalanan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Alam, N., Bahfiarti, T., & Fatimah, . J. M. . (2024). PERTUKARAN SOSIAL DALAM KOMUNIKASI PEMBELAJARAN EFEKTIF PENGAJAR TERHADAP ANAK JALANAN PADA KOMUNITAS PEDULI ANAK JALANAN (KPAJ). JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(2), 202–212. https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5881

Terbitan

Bagian

Articles