The INFLUENCE OF TIKTOK SOLO TRAVELING @JADIGINIGINIMI SOCIAL MEDIA CONTENT ON MEETING THE NEEDS OF TOURISM INFORMATION IN GENERATION Z
DOI:
https://doi.org/10.32534/jike.v8i1.5864Abstrak
Tren solo traveling terus berkembang, terutama di kalangan generasi muda atau generasi Z. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara masyarakat mengakses dan memanfaatkan informasi, termasuk informasi wisata. Media sosial, khususnya TikTok, telah menjadi salah satu platform yang populer di kalangan generasi Z untuk mencari inspirasi dan informasi tentang berbagai destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi seberapa besar pengaruh konten tiktok solo traveling terhadap pemenuhan kebutuhan informasi wisata pada generasi z. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui google form dan proses screening question. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, heterokedastisitas, uji koefisien korelasi, uji determinasi, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten TikTok @jadiginimi memiliki pengaruh signifikan dalam memenuhi kebutuhan informasi wisata generasi Z. Pengujian yang telah dilakukan seelumnya memberikan hasil bahwa variabel (x) ‘konten media sosial’ memberikan pengaruh sebesar 51,8% terhadap variabel (y) pemenuhan ‘kebutuhan informasi’ wisata pada generasi Z, sedangkan sisannya sebesar 48,2% merupakan faktor lain yang tidak diteliti. Sehingga, Penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang peran media sosial dalam menyebarkan informasi pariwisata dan preferensi generasi Z dalam mengonsumsi konten perjalanan kedepannya.
Kata Kunci: Kebutuhan Informasi, Konten, Media Sosial, TikTok, Solo Traveling.