INSTAGRAM SOCIAL MEDIA MANAGEMENT IN DIGITAL BRANDING RADIO REPUBLIC OF INDONESIA PROGRAMA 3

Penulis

  • Muthia Azzahra Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Raya 11, Jakarta Timur, Indonesia, 13220
  • Wina Puspita Sari Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Soegiarto Soegiarto Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5833

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan media online khususnya media social menjadi media yang dimanfaatkan oleh Radio Republik Indonesia Pro 3 sebagai langkah untuk branding di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan masalah, perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang dilakukan tim pengelola media social Instagram Radio Republik Indonesia Pro 3 dalam mengelola media social Instagram dalam digital branding RRI Pro 3. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori empat tahapan proses kerja public relations atau four step public relations didalamnya meliputi beberapa pengumpulan data, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan wawancara dan observasi partisipan pasif. Berdasarkan hasil penelitan dilapangan dapat disimpulkan bahwa tim media social RRI Pro 3 dalam mengelola media social Instagram dalam digital branding menggunakan empat tahapan proses fact finding, dengan mencari data yang valid untuk menentukan topik konten Instagram. Kedua planning, merencanakan jenis konten yang akan dibuat dan di unggah di media social Instagram. Ketiga Actions pelaksanaan adanya tim pembuat konten dan admin yang mengunggah konten. Keempat Evaluations menilai keberhasilan tim dan keberhasilan konten dari banyaknya pengunjung website resmi RRI melalui Instagram dan jumlah insigh.

Kata Kunci: Pengelolaan Media Sosial, Instagram, RRI Pro 3, Branding

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Azzahra, M., Sari, W. P. S., & Soegiarto, A. S. (2024). INSTAGRAM SOCIAL MEDIA MANAGEMENT IN DIGITAL BRANDING RADIO REPUBLIC OF INDONESIA PROGRAMA 3. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(2), 121–132. https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5833

Terbitan

Bagian

Articles