THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH AND MIE GAGA'S TIKTOK AI STORYTELLER CONTENT ON CONSUMER ATTITUDE

Penulis

  • Ratih Hasanah Telkom University
  • Nadia Agustina Rahayu Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5831

Abstrak

Perkembangan teknologi internet yang menjadi penghubung dalam maraknya penggunaan media sosial yang mengakibatkan masyarakat luas dapat dengan mudah untuk memperoleh dan membagikan informasi mengenai suatu produk atau jasa perusahaan melalui aktivitas Electronic Word of Mouth dan pembuatan konten. TikTok merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia yaitu mencapai 113 juta pengguna ditahun 2023. Memiliki berbagai fitur yang menarik sehingga TikTok dimanfaatkan oleh content creator sebagai platform yang digunakan untuk membagikan konten yang informatif dan interaktif, serta menciptakan Electronic Word of Mouth. Mie Gaga merupakan merek dari produk mie instant yang diproduksi oleh PT Jakarana Tama yang ramai diperbincangkan oleh netizen akibat viralnya konten TikTok AI Storyteller Mie Gaga yang diunggah oleh akun @hizkianontiktok di media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh Electronic Word of Mouth dan Konten TikTok AI Storyteller Mie Gaga terhadap Sikap Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode probability sampling dengan jenis purposive sampling kepada 400 responden melalui kuesioner secara online dengan menggunakan Google Form. Hasil penelitian yaitu menunjukkan Electronic Word of Mouth dan Konten TikTok AI Storyteller Mie Gaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Konsumen.  Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 68.707 > 3.02 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Serta berdasarkan hasil koefisien determinasi yaitu menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth dan Konten TikTok AI Storyteller Mie Gaga memberi pengaruh sebesar 25,7% terhadap Sikap Konsumen.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Hasanah, R., & Rahayu, N. A. . (2024). THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH AND MIE GAGA’S TIKTOK AI STORYTELLER CONTENT ON CONSUMER ATTITUDE. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(2), 143–156. https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5831

Terbitan

Bagian

Articles