PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi pada @dilanjaniyar_2)

Penulis

  • Rr Imelda Putri Maharani Universitas Dian Nuswantoro
  • Lisa Mardiana Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5794

Abstrak

Personal branding adalah dimana seseorang mempromosikan dirinya sendiri sebagai merek yang unik dan memiliki nilai tambah di dalam suatu bidang tertentu. Personal branding melibatkan pemilihan platform yang tepat untuk mempromosikan diri seperti media sosial. Media sosial TikTok saat ini telah menjadi platform yang sangat populer untuk membangun personal branding. Dilan Janiyar (@dilanjaniyar_2) membangun personal brandingnya melalui TikTok sebagai konten kreator yang bersifat hiburan dengan ciri khas keahliannya dan tingkahnya yang humoris serta unik sebagai kekuatan bagi dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis personal branding Dilan Janiyar pada konten akun tiktok @dilanjaniyar_2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini didukung dengan delapan konsep utama personal branding Peter Montoya. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tiga metode seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa personal branding Dilan Janiyar memenuhi konsep delapan utama tersebut yaitu 1) spesialisasi, 2) kepemimpinan, 3) keribadian, 4) perbedaan, 5) konsistensi, 6) kesatuan, 7) keteguhan, 8) nama baik. Dengan karakter yang khas dan kuat dapat membentuk citra diri yang unik dan positif dalam sudut pandang audiens.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Putri Maharani, R. I., & Mardiana, L. (2024). PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi pada @dilanjaniyar_2). JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(2), 157–166. https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5794

Terbitan

Bagian

Articles