Pengelolaan Media Sosial Instagram dan Twitter @lipiindonesia sebagai Media Komunikasi Hasil Riset

Penulis

  • Lyra Vellaniza Ferbita Badan Riset Dan Inovasi Nasional
  • Pawit M Yusup universitas padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v5i2.2599

Abstrak

Penelitian ini meneliti tentang pengelolaan media sosial Instagram dan Twitter @lipiindonesia yang digunakan sebagai media komunikasi sains oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dengan publik internal dan publlik eksternal yang telah dilakukan dalam pengelolaan media sosial, serta bagaimana kriteria konten yang dianggap layak unggah dan unik oleh pengelola. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya pengelolaan media sosial melalui strategi komunikasi yang dilakukan agar proses komunikasi sains berjalan efektif dan mengetahui kriteria konten yang layak unggah dan unik sehingga dapat menarik followers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah, pengelola memiliki strategi komunikasi yang telah dilakukan dengan publik internal dan eksternalnya agar proses pembuatan konten sains dan komunikasi hasil riset dapat maksimal. Pengelola menetapkan sejumlah kriteria untuk konten Instagram dan Twitter agar dapat diunggah. Penentuan kriteria tersebut berdasarkan media monitoing yang rutin dilakukan pengelola. Adanya strategi komunikasi yang dilakukan dan proses penentuan kriteria kelayakan konten menjadikan media sosial Instagram dan Twitter @lipiindonesia memiliki jumlah followers terbanyak diantara lembaga dibawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Ferbita, L. V., Yusup, P. M., & Hafiar, H. (2022). Pengelolaan Media Sosial Instagram dan Twitter @lipiindonesia sebagai Media Komunikasi Hasil Riset. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 5(2), 156–172. https://doi.org/10.32534/jike.v5i2.2599

Terbitan

Bagian

JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek