ANALISIS KUALITAS KONTEN PRA PEMILIHAN PRESIDEN PEMILU TAHUN 2024 PADA AKUN TWITTER NARASI NEWS ROOM

Authors

  • Ahmad Yusron Universitas Muhammadiyah Cirebon Indonesia
  • Ida Ri'aeni Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Laila Mutia Munura Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5982

Abstract

Pemilihan Presiden Indonesia tahun 2024 merupakan agenda penting bangsa Indonesia dalam menentukan masa depan lima tahun ke depan. Mengingat agenda ini merupakan agenda penting, maka banyak media baik media konvensional dan media sosial memberitakan peristiwa ini. Pemberitaan tidak hanya pada saat pemilihan presiden dilakukan, tetapi juga diberitakan sebelum pemilihan presiden. Di antara media yang memberitakan berita sekitar pemilihan presiden adalah Narasi Newsroom. Media ini tidak hanya memberitakan dalam satu platform melainkan beragam platform di antaranya adalah melalui media sosial Twitter. Hal penting dalam pemberitaan adalah kualitas informasi yang merujuk pada pakem nilai-nilai berita. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah analisis mengenai kualitas konten pra pemilihan presiden tahun 2024 pada akun twitter Narasi News Room Hasil penelitian dari sebelas konten berita yang berisikan pra tahapan pemilihan presiden, seluruh berita memiliki kualitas berita atau konten berdasarkan pakem nilai-nilai berita. Di antara konten berita yang mendominasi adalah berita dengan nilai berita yang mengandung akibat/dampak yang ditimbulkan berita, ketegangan yang ditimbulkan dan pertentangan (conflict). Sedangkan nilai berita yang memiliki nilai berita  bernuansa seks tidak ditemukan dalam konten akun twitter Narasi Newsroom.

 

Kata Kunci:Pilpres, Twitter, Kualitas Berita

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Yusron, A. ., Ri’aeni, I., & Munura, L. M. . (2024). ANALISIS KUALITAS KONTEN PRA PEMILIHAN PRESIDEN PEMILU TAHUN 2024 PADA AKUN TWITTER NARASI NEWS ROOM . JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(2), 213–221. https://doi.org/10.32534/jike.v7i2.5982

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)