FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA INTENSI TURNOVER PADA KARYAWAN PT. BRIDGESTONE TIRE INDONESIA

Authors

  • Sari Laelatul Qodriah
  • Siti Aisah Yunitasari

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v12i1.330

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi terjadinya Intensi Turnover Pada Karyawan PT. Bridgestone Tire Indonesia.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan studi pustaka.

Hasil penelitian ini adalah bahwa untuk variabel Group cohesiveness (X1) sebesar -3.865.Jadi nilai thitung variabel adalah lebih besar dari ttabel (-3.865 > 1.660), sehingga Group cohesiveness berpengaruh terhadap intensi turnover.Walaupun dalam hal ini secara statistik berpengaruh negatif, sehingga semakin tinggi tingkat group cohesiveness yang dialami oleh karyawan PT. Bridgestone Tire Indonesia maka akan menurunkan tingkat intensi turnover.

Untuk Variabel Stres kerja (X2) sebesar 5.423.Jadi nilai thitung variabel adalah lebih besar dari ttabel (5.423 > 1.660), sehingga secara parsial variabel stres kerja mempunyai pengaruh terhadap intensi turnover.Dalam hal ini secara statistik berpengaruh positif, sehingga semakin tinggi tingkat stres kerja yang dialami oleh karyawan PT. Bridgestone Tire Indonesia maka akan meningkatkan tingkat intensi turnover.

Untuk variabel kepuasan kerja (X3) sebesar -4.285.Jadi nilai thitung variabel adalah lebih besar dari ttabel (-4,285> 1.660), sehingga secara parsial variabel kepuasan kerja mempunyai pengaruh terhadap intensi turnover.Walaupun dalam hal ini secara statistik berpengaruh negatif,sehingga semakin tinggi tingkat kepuasan kerja yang dialami oleh karyawan PT. Bridgestone Tire Indonesia maka akan menurunkan tingkat intensi turnover.

Kata kunci : Intensi turnover, group cohesiveness, stres kerja, kepuasan kerja

Published

2018-08-13

How to Cite

Qodriah, S. L., & Yunitasari, S. A. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA INTENSI TURNOVER PADA KARYAWAN PT. BRIDGESTONE TIRE INDONESIA. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 12(1), 82–94. https://doi.org/10.32534/jv.v12i1.330

Most read articles by the same author(s)