Mengelola Komitmen Dosen: Analisis Peran Modal Psikologis dan Leaders Coaching
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1845Abstract
Komitmen dosen merupakan kebutuhan krusial dan fundamental untuk menjaga keberlangsungan proses pendidikan dan pembelajaran di perguruan tinggi. Karena sejatinya, perguruan tinggi merupakan institusi knowledge creator dan produsen sumber daya manusia unggul yang menjadi tumpuan masa depan generasi. Unuk itu, menghadirkan komitmen dosen dalam dalam praksis berdasarkan usaha dan konsep teoritis yang proven menjadi penting dan genting. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leaders coaching terhadap komitmen tim dosen, serta untuk menyelidiki efek mediasi modal psikologis pada populasi dosen dari salah satu perguruan tinggi swasta di Banten. Penelitian ini mengadopsi metode simple random sampling dengan 61 sampel dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leaders coaching memiliki pengaruh yang signifikan terhadap modal psikologis dan komitmen tim dosen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hubungan antara leaders coaching dan komitmen tim secara signifikan dimediasi oleh modal psikologis. Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan dosen dalam menghadapi era education 4.0.
Kata kunci: Komitmen tim, leaders coaching, modal psikologis.