PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA TABUNGAN MASYARAKAT DAERAH (TAMASDA) PD. BPR KLANGENAN KABUPATEN CIREBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Tabungan Masayarakat Daerah (TAMASDA) PD. BPR Klangenan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilakukan kepada 35 orang responden, teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih sebagai anggota sampel. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah variable Keefektifan dan Jaminan (X1), Akses (X2), Harga (X3), Keterwujudan (X4), PortofolioJasa (X5), Kehandalan (X6) sebagai variabel bebas, dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi pustaka dan penelitian lapangan seperti observasi dan daftar pertanyaan. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode persamaan regresi, koefisien korelasi, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis Uji T dengan menggunakan software SPSS (statistic product service solution). Berdasarkan hasil pengolahan data, didapat hasil yang menunjukan bahwa secara parsial yang memliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah hanya portopolio jasa. Sementara secara simultan variable Keefektifan dan Jaminan (X1), Akses (X2), Harga (X3), Keterwujudan (X4), Portofolio Jasa (X5), Kehandalan (X6) memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah sebesar 62,3 %.
Kata Kunci : Keefektifan dan Jaminan, Akses, Harga, Keterwujudan, Portofolio Jasa, Kehandalan dan Kepuasan Nasabah




