PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA DOSEN TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MAJALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v11i2.1496Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menginterprestasikan Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Pelayanan Mahasiswa Di Universitas Majalengka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey, karena populasi lebih dari 100 (seratus) orang mahasiswa, yaitu 600 (enam ratus), maka penelitiannya merupakan penelitian sampel, yang menjadi obyek penelitian ini sejumlah 86 (delapan puluh enam) orang mahasiswa. Terdapat tiga kesimpulan yang dapat diambil : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa. Keberartian pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa dapat dilihat dari hasil uji t, yaitu t hitung sebesar 11,339>1,663 maka Ho ditolak, Ha diterima, sedangkan indek determinasi yang disesuaikan sebesar 60,5 % sisanya 39,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positifantarakinerja Dosen terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa. Keberartian pengaruhkinerja Dosen terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa dibuktikan dengan uji t yaitu yang dihitung sebesar sebesar 13,860>1,663 maka Ho ditolak, Ha diterima, sedangkan indek determinasi yang disesuaikan sebesar 69,6 % sisanya 30,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (3) Terdapat pengaruh yang positif secara bersama?sama antara kualitas pelayanan dan kinerja Dosen terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa, hal ini dapat dibuktikan dengan uji F yaitu nilai F hitung sebesar 136,905> 3,11 dan nilai indeks determinasi yang disesuaikan 76,7 % sisanya 23,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : kualitas pelayanan, kinerja Dosen dan kepuasan pelayanan mahasiswa.