Karakteristik Keluarga, Riwayat Pemberian MPASI, dan Pengetahuan Gizi Ibu tentang MPASI pada Anak di Bawah Dua Tahun

Authors

  • Nur Khoiriyah Program Studi Gizi, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Fariza Yulia Kartikasari Program Studi Gizi, Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Mahfuzhoh Fadillah Heryanda Program Studi Gizi, Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/niacin.v1i1.4835

Abstract

Latar belakang: Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang tepat merupakan aspek penting dalam dua tahun pertama kehidupan anak. Pengetahuan gizi mengenai pemberian MPASI yang dimiliki oleh ibu dapat berpengaruh pada pemenuhan asupan zat gizi dan status gizi anak. Tujuan: Menganalisis hubungan antara karakteristik keluarga dan riwayat usia pemberian MPASI dengan pengetahuan gizi ibu tentang MPASI. Metode: Penelitian ini adalah cross sectional study dengan sampel ibu yang memiliki anak 6-24 bulan sebanyak 85 sampel. Variabel yang dianalisis meliputi karakteristik sosial ekonomi keluarga, karakteristik anak, pemberian ASI dan riwayat usia MPASI, serta pengetahuan gizi ibu tentang MPASI. Hasil: Hasil analisis menunjukkan usia orangtua berada dalam kategori dewasa muda, lulusan perguruan tinggi (65% dan 56%), pekerjaan ibu sebagai ibu rumah tangga (52,9%), pekerjaan ayah sebagai wiraswasta (68,2%), dan pendapatan keluarga berkisar  ≤ 2 juta dan 3-5 juta per bulan. Hasil penelitian menunujukkan sebagian besar anak berusia 12- 24 bulan, berjenis kelamin laki-laki, memiliki berat badan lahir ≥ 2500 gram, dan memiliki panjang badan lahir < 50 cm. Sebagian besar sampel memberikan MPASI pada usia 6 bulan (75,3%) dengan tetap memberikan ASI pada anak (73%). Lebih dari separuh pengetahuan ibu (67,0%) berada dalam kategori sedang dan sebanyak 21,2% dalam kategori baik. Tingkat pendidikan ibu (r=0.222, p=0.041), pendidikan ayah (r=0,233, p=0.032), pendapatan keluarga (r=0,235, p=0,030), dan usia anak (r=-0,231, p=0,034) memiliki hubungan yang signifikan dengan pengetahuan gizi ibu tentang MPASI. Simpulan: Tingkat pendidikan dan pendapatan keluarga harus ditingkatkan untuk menunjang peningkatan pengetahuan gizi pada ibu untuk menunjang pengasuhan dan pemberian makan pada anak.

Keywords:

makanan pendamping ASI (MPASI), karakteristik keluarga, pengetahuan gizi ibu

References

Abeshu, M. A., Lelisa, A., & Geleta, B. (2016). Complementary Feeding: Review of Recommendations, Feeding Practices, and Adequacy of Homemade Complementary Food Preparations in Developing Countries – Lessons from Ethiopia. Nutrition (Vol. 3). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/fnut.2016.00041

Ahmad A, Madanijah S, Dwiriani CM, Kolopaking R. (2020). Determinant Factors of Maternal Knowledge on Appropriate Complementary Feeding of Children Aged 6-23 Months in Aceh. J Nutr Sci Vitaminol (Tokyo).;66(Supplement):S239-S243. doi: 10.3177/jnsv.66.S239. PMID: 33612603.

Bain, L. E., Awah, P. K., Geraldine, N., Kindong, N. P., Sigal, Y., Bernard, N., & Tanjeko, A. T. (2013). Malnutrition in Sub - Saharan Africa: Burden, causes and prospects. African Medical Journal (Vol. 15). https://doi.org/10.11604/pamj.2013.15.120.2535

Fewtrell, M., Bronsky, J., Campoy, C., Domellöf, M., Embleton, N., Mis, N. F., Hojsak, I., Hulst, J. M., Indrio, F., Lapillonne, A., & Molgaard, C. (2017). Complementary feeding: A position paper by the European Society for Paediatric Gastroenterology, Hepatology, and Nutrition (ESPGHAN) committee on nutrition. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition, 64(1), 119–132. https://doi.org/10.1097/MPG.0000000000001454

Forh, G., Apprey, C., & Frimpomaa Agyapong, N. A. (2022). Nutritional knowledge and practices of mothers/caregivers and its impact on the nutritional status of children 6–59 months in Sefwi Wiawso Municipality, Western-North Region, Ghana. Heliyon, 8(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12330

Hoque, K. E., Hoque, K. F., & Thanabalan, R. A. P. (2018). Relationships between parents’ academic backgrounds and incomes and building students’ healthy eating habits. PeerJ,2018(5). https://doi.org/10.7717/peerj.4563

Jardí, C., Casanova, B. D., & Arija, V. (2021). Nutrition education programs aimed at african mothers of infant children: A systematic review. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 18, Issue 14). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/ijerph18147709

Marbun, R. M., Karina, S. M., Meilinasari, M., & Mulyo, G. P. E. (2022). Correlation of Characteristics, Maternal Nutrition Knowledge with Nutritional Status (H/A) in Baduta in Sumbang District, Banyumas Regency, Central Java, Indonesia. Journal of Medical Sciences, 10(E), 471–474. https://doi.org/10.3889/oamjms.2022.8489

Martorell, R. (2017). Improved nutrition in the first 1000 days and adult human capital and health. American Journal of Human Biology, 29(2). https://doi.org/10.1002/ajhb.22952

Masuke, R., Msuya, S. E., Mahande, J. M., Diarz, E. J., Stray-Pedersen, B., Jahanpour, O., & Mgongo, M. (2021). Effect of inappropriate complementary feeding practices on the nutritional status of children aged 6-24 months in urban Moshi, Northern Tanzania: Cohort study. PLoS ONE, 16(5 May). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0250562

Permatasari, A. D., & Waluyanti, F. T. (2019). The correlation between infant and toddler feeding practices by working mothers and the nutritional status. Enfermeria Clinica, 29, 65–69. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.04.010

Phyo, W. Y., Khin, O. K., & Aung, M. H. (2021). Mothers’ Nutritional Knowledge, Self-efficacy, and Practice of Meal Preparation for School-age Children in Yangon, Myanmar. Makara Journal of Health Research. https://doi.org/10.7454/msk.v25i1.1262

Pizzol, D., Tudor, F., Racalbuto, V., Bertoldo, A., Veronese, N., & Smith, L. (2021). Systematic review and meta-analysis found that malnutrition was associated with poor cognitive development. International Journal of Paediatrics (Vol. 110, Issue 10, pp. 2704–2710). John Wiley and Sons Inc. https://doi.org/10.1111/apa.15964

Prasetyo, Y. B., Permatasari, P., & Susanti, H. D. (2023). The effect of mothers’ nutritional education and knowledge on children’s nutritional status: a systematic review. International Journal of Child Care and Education Policy (Vol. 17, Issue 1). Springer. https://doi.org/10.1186/s40723-023-00114-7

Rakhma LR, Erlinda F, Apriliana WF. (2017). Hubungan tingkat pendidikan dengan pengetahuan ibu balita pada program therapeutic feeding center (TFC) di Sukoharjo Jawa Tengah. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 8(2): 66- 72.

Shariff, Z. M., Lin, K. G., Sariman, S., Lee, H. S., Siew, C. Y., Yusof, B. N. M., Mun, C. Y., & Mohamad, M. (2015). The relationship between household income and dietary intakes of 1-10 year old urban Malaysian. Nutrition Research and Practice, 9(3), 278–287. https://doi.org/10.4162/nrp.2015.9.3.278

Susanto, T., Syahrul, Sulistyorini, L., Rondhianto, & Yudisianto, A. (2017). Local-food-based complementary feeding for the nutritional status of children ages 6–36 months in rural areas of Indonesia. Korean Journal of Pediatrics, 60(10), 320–326. https://doi.org/10.3345/kjp.2017.60.10.320

World Health Organization. (2020). Breastfeeding and COVID-19: Scientific brief-2-Limitations. https://doi.org/10.1101/2020.05.04.20089995

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Khoiriyah, N., Fariza Yulia Kartikasari, & Mahfuzhoh Fadillah Heryanda. (2023). Karakteristik Keluarga, Riwayat Pemberian MPASI, dan Pengetahuan Gizi Ibu tentang MPASI pada Anak di Bawah Dua Tahun. NIACIN : Nutrition and Food Science Application Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32534/niacin.v1i1.4835

Issue

Section

Articles