Peran Lingkungan Teman Sebaya Dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di RA Ummu Khodijah)

Penulis

  • Tachya Darajatul Ulya IAINU Tuban

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7747

Kata Kunci:

lingkungan sebaya, perilaku sosial, anak usia dini, pendidikan Islam, perkembangan prososial

Abstrak

Perilaku sosial pada anak usia dini merupakan ranah perkembangan krusial yang sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, khususnya interaksi dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap perilaku sosial anak usia 5–6 tahun di RA Ummu Khodijah, sebuah lembaga pendidikan anak usia dini Islam. Pendekatan studi kasus kualitatif digunakan selama dua bulan, melibatkan 15 anak, guru kelas, orang tua, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang berinteraksi dengan teman sebaya yang menunjukkan perilaku kooperatif dan prososial cenderung mengembangkan perilaku serupa, termasuk berbagi, empati, dan kolaborasi. Sebaliknya, mereka yang terpapar kelompok teman sebaya dengan sifat agresif atau dominan-negatif menunjukkan perilaku yang lebih rentan konflik atau menarik diri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan teman sebaya memainkan peran penting dalam membentuk perkembangan sosial anak usia dini. Temuan ini memiliki implikasi praktis bagi para pendidik dan orang tua, yang menyoroti perlunya mengamati dan menyusun interaksi antarteman sebaya secara cermat untuk mendorong pertumbuhan perilaku yang positif.

Referensi

Asmara, S. R., Heryati, T., & Patonah, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Smk Swadaya Karangnunggal. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 71. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4881

Dewi, N., Rusdarti, R., & Sunarto, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education, 6(1), 29–35.

Dewi, S. U. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Santri Mdt At-Taqwa Kp. Ranca Ayu Desa Maroko Kabupaten Garut. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 13–32. https://doi.org/10.47971/tjpi.v2i1.117

Hanifah, S., & Kurniati, E. (2024). Eksplorasi Peran Lingkungan dalam Masa Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 130–142. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11576

Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2019). Pengaruh Uang Saku, Locus of Control, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1025–1039. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28337

Hutasuhut, R. I. T. S. (2018). Pengaruh Perhatian Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI SMA Negeri Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(2), 112–124.

Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077

Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533

Mirnawati, M. (2020). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengn Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Paras Jaya Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4092

Muzzamil, F. (2021). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 1–20. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v2i02.5811

Nugroho, R. S. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Paedagogia, 21(1), 1. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.13694

Nuraini, F., & Wijaya, E. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 78.

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051

Rokhim, A. A., Fauziyah, N., Amin, S., & Nasith, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smpn 3 Tumpang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 199–208. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1824

Said, R. A., & Tangia, J. R. (2025). Pengaruh Hambatan Komunikasi antar Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Relasi Sosial Anak di PAUD Inklusif. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 282–287.

Sari, C. A. P., Faridah, F., Kertapati, Y., & Chabibah, N. (2022). Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Game Online dengan Perilaku Agresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6559–6568. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1946

Trianah, & Sahertian, P. (2020). Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 7–14. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4765

Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2258

Yanti, Y., & Marimin. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X AP SMK Negeri 2 Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Diterbitkan

2025-08-18

Cara Mengutip

Peran Lingkungan Teman Sebaya Dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di RA Ummu Khodijah). (2025). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 13(2), 119-128. https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7747