Strategi Pembelajaran Melalui Lagu dan Mewarnai Mengenal Buah Anak

Penulis

  • Rica Yuliana Universitas Muslim Nusnatara Al Washliyah Medan

Kata Kunci:

Strategi, Mewarnai, Efektif, Buah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran yang mengintegrasikan lagu dan aktivitas mewarnai dalam mengenalkan berbagai jenis buah kepada anak-anak usia dini. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa di PAUD Masyhur yang berusia 4-5 tahun. Metode yang digunakan adalah observasi di kelas, di mana anak-anak diajak bernyanyi lagu-lagu bertema buah dan kemudian melakukan aktivitas mewarnai gambar buah. Hasil observasi menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan bernyanyi dan mewarnai menunjukkan peningkatan signifikan dalam mengenali nama-nama buah serta kemampuan mereka untuk menyebutkan warna dan manfaatnya. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan keterlibatan sosial di antara anak-anak, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran melalui lagu dan mewarnai efektif dalam memperkenalkan konsep buah kepada anak-anak. Kombinasi metode ini tidak hanya memperkuat pemahaman konseptual tetapi juga mendorong kreativitas dan interaksi sosial di antara anak-anak. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah penerapan metode serupa dalam konteks pembelajaran yang lebih luas di PAUD.

Referensi

Nurmila. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Iksan, H., Saleh, R., Marwah, A., & Kurniati, A. (2023). Stimulasi Perkembangan Aspek Seni Anak Usia Dini. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 75-85.

Fachrul Rezi. (2019). Game Edukasi Interaktif Pengenalan Jenis Buah Berbasis Adobe Flash. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 4(2), 175-184.

Sari, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Melalui Lagu terhadap Pengenalan Konsep Buah pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 45-56.

Rahmawati, N., & Fitriani, R. (2022). Mewarnai Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Buah pada Anak PAUD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 123-130.

Susanti, E. (2020). Efektivitas Lagu dalam Pembelajaran Pengenalan Buah pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 67-75.

Hidayati, R., & Anisa, F. (2021). Metode Mewarnai untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pengetahuan Buah pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreativitas Pembelajaran, 4(1), 89-97.

Lestari, S., & Utami, Y. (2020). Penggunaan Media Lembar Kerja dalam Pembelajaran Mengenal Buah di PAUD. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 101-110.

Pratiwi, A., & Budianto, A. (2023). Pengaruh Aktivitas Mewarnai terhadap Pengenalan Buah di PAUD: Studi Kasus di TK Cendekia. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak, 10(1), 34-42.

Wati, N., & Hasanah, U. (2022). Strategi Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lagu dan Mewarnai untuk Pengenalan Buah pada PAUD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(4), 200-210.

Amelia, R., & Sari, F. (2021). Peran Musik dalam Pembelajaran Pengenalan Buah pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 150-158.

Fitria, L., & Suryani, E. (2020). Penggunaan Media Visual dan Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Mengenal Buah pada Anak PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 77-85.

Yulianti, R., & Kurniasih, H. (2019). Pengaruh Lagu dan Aktivitas Mewarnai terhadap Pengenalan Buah di PAUD: Sebuah Studi Eksperimental. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(3), 112-120.

Dewi, L., & Rahmawati, I. (2020). Integrasi Lagu dalam Pembelajaran Mengenal Buah: Dampak terhadap Keterlibatan Anak di Kelas PAUD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 65-73.

Setiawan, B., & Lestari, N. (2021). Aktivitas Mewarnai untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Buah pada Anak Usia Dini: Sebuah Penelitian Kualitatif di TK Bina Bangsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 55-62.

Ningsih, S., & Prasetyo, A. (2019). Penggunaan Lembar Kerja Anak dalam Pembelajaran Mengenal Buah di Taman Kanak-Kanak: Studi Kasus di TK Harapan Bangsa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(3), 90-98.

Handayani, T., & Junaidi, A. (2022). Efektivitas Metode Bernyanyi dan Mewarnai dalam Pengenalan Buah pada Anak Usia Dini: Analisis Data Observasi Kelas di PAUD Ceria. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4), 210-218.

Maulida, R., & Sari, N. (2020). Pengaruh Kegiatan Mewarnai terhadap Kemampuan Mengenal Buah pada Anak di PAUD: Studi Eksperimental di TK Melati Indah. Jurnal Kreativitas Pendidikan, 3(2), 45-52.

Astuti, W., & Pramudito, A. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Lagu dan Aktivitas Kreatif untuk Mengenal Jenis-Jenis Buah pada Anak PAUD: Hasil Observasi Kelas di TK Cerdas Mandiri. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 33-41.

Rizkiyah, E., & Hidayati, N. (2022). Implementasi Media Musik dan Mewarnai dalam Pembelajaran Mengenal Buah di PAUD: Sebuah Kajian Observasional di TK Pelangi Harapan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 11(2), 99-107.

Diterbitkan

2025-04-17

Cara Mengutip

Strategi Pembelajaran Melalui Lagu dan Mewarnai Mengenal Buah Anak. (2025). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 13(1), 33-40. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/6826