PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK DI PAUD PRIMA PERTIWI
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i1.6801Kata Kunci:
keterampilan proses sains, metode eksperimen, anak usia diniAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak di PAUD Prima Pertiwi Desa Sayur Mahincat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan pre-eksperimen tipe one-group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan terdiri dari observasi, dokumentasi dan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif serta melakukan uji syarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan proses sains anak di PAUD Prima Pertiwi Desa Sayur Mahincat sudah berkembang dengan baik hal ini terlihat dari hasil observasi keterampilan proses sains anak pada saat pretest dan saat posttest. Hasil pretest diperoleh rata-rata 13,455 pada posttest diperoleh rata-rata 22,50. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan sample paired t test diperoleh thitung = 7,365 bila dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat bebas (db) = N – k = 22 – 2 = 20 diperoleh ttabel 2,085. Apabila harga thitung = 7,365 dibandingkan dengan ttabel= 2,085 maka diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel, (7,365 > 2,085), berarti hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya yaitu ada pengaruh antara metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak di PAUD Prima Pertiwi Desa Sayur Mahincat.
Referensi
Aldi, S., & Ismail. (2023). Keterampilan Proses Sains Panduan Praktis Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. CV. Eureka Media Aksara.
Amantika, D., Aziz, A., & Travelancya, T. (2022). Bermain Sains pada Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Penerapan Metode Eksperimen. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4526–4532. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2742
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ayu, S. M., Dewi, A., & Fatmawati, R. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini di RA Al-Amanah Bandar Lampung. SINAPMASAGI (Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 8–21.
Bakar, A., & Ngalimun. (2019). Psikologi Perkembangan (Konsep Dasar Pengembangan Kreativitas Anak). K-Media.
Harahap, R. A. S. (2019). MEMBANGUN KECERDASAN ANAK MELALUI DONGENG. Generasi Emas, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3302
Harahap, R. A. S. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 625–630. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6601
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Kinanti, A., S, P., & Rohinah. (2020). etode Eksperimen: Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Kelompok B2 RA Masyitoh X Karangmojo Gunungkidul. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(1), 31–40. https://doi.org/10.14421/jga.202051-01
Norhikmah, & Puspita Widya Rini, T. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sains Anak dengan Menggunakan Model Project Based Learning dan Metode Eksperimen. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 10–20.
Nurgayah. (2011). Strategi Dan Metode Pembelajaran. Ciptapustaka Media Perintis.
Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Sumedang Press.
Safira, A. R. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Caramedia Communication.
Sriwarthin, N. L. P. N., Rachmayani, I., & Sativa, F. E. (2022). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4044–4050.
