IMPLEMENTASI MEDIA KARTU GAMBAR HIJAIYAH DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) YASIN

Penulis

  • Desipa Silvia
  • Leonita Siwiyanti

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1353

Kata Kunci:

Media KartuGambar, hurufhijaiyah, anakusiadini

Abstrak

Peneliti ini didasaridengankurangnyaanakdalam mengenal huruf hijaiyah pada usia 4-5 tahun di RA Yasin. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil implementasi media kartu gambar dalam mengenalkan huruf hijiayah pada usia 4-5 tahun di RA Yasin, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimana peneliti mengambil subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan anak kelompok A yang berjumlah 10 orang, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasidilapangan, dimanasetelah diberi perlakuan dengan media kartu gambar hijaiyah kemampuan anak sangat meningkat. Terlihat pada saat  melaksanakan kegiatan media kartu gambar anak sangat antusias dan menunjukkan perkembangannya. Anak dapat dengan mudah memahami dalam mengenal huruf hijaiyah, dimana terjadi peningkatan hampir seluruh siswa dari masih belum berkembang menjadi berkembang sesuai harapan. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan media kartu gambar hijaiyah dapat meningkat kemampuan anak dalammengenalhuruf hijaiyah.

Diterbitkan

2019-02-04

Cara Mengutip

IMPLEMENTASI MEDIA KARTU GAMBAR HIJAIYAH DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) YASIN. (2019). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(2), 25-39. https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1353

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama