PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMAHAMAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Neneng Hamidah
  • Leonita Siwiyanti
  • Alfian Ashshidiqi

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v7i2.1348

Kata Kunci:

Bermain Peran, Pemahaman Bahasa anak

Abstrak

Perkembangan bahasa anak akan tumbuh kembang dilingkungan sekitarnya, pada periode ini sangat penting memperkenalkan bahasa yang baik dan benar. Metode bermain peran sangat baik untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak, baik secara ekspresif maupun reseptif dalam kegiatan bermain peran terjadi aktivitas berbahasa melalui dialog atau percakapan serta pertunjukan karakter peran yang dimainkan, karena pada saat dialog terjadi komunikasi timbal balik   (Nurbiana Dhieni : 2011 : 27) Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan bermain peran dalam memahami bahasa anak kelompok B di TK Sejahtera VII kecamatan surade Kabupaten Sukabumi. Peneliti menggunakan seluruh murid kelompok B sebagai sampel penelitian di TK Sejahtera VII Kecamatan Surade. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban tentang permasalahan yang sedang terjadi dengan cara menghimpun data, megolah data,menganalisis, menafsirkan dan menyimpulkan data hasil penelitian. Penelitian kualitatif adalah metode dimana data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka (Sugiyono, 2014:13). Hasil penelitian yang didapat bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan RKM dan RKH yang dibuat khusus untuk mengembangkan bahasa pada anak di TK SEJAHTERA VII sehingga anak sangat antusias dan semakin paham.

Diterbitkan

2020-02-04

Cara Mengutip

PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMAHAMAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI. (2020). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 7(2), 58-71. https://doi.org/10.32534/jjb.v7i2.1348

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama