Penerapan Model NUHETO (Numbered Head Toghether) Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Kelompok B di RA Nahdlatul Ulum
Kata Kunci:
Kata Kunci : NUHETO, Literasi, NumerasiAbstrak
Literasi numerasi adalah salah satu keterampilan dasar yang harus anak usia dini miliki. Literasi numerasi mencakup kemampuan anak untuk mengidentifikasi, memahami, serta mempergunakan angka sekaligus konsep matematika pada kehidupan sehari-hari. Literasi numerasi pada usia dini menjadi dasar dari pengembangan berfikir logis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan, yang sudah pasti akan diperlukan oleh anak pada pendidikan selanjutnya.Tujuan Penelitian ini diantaranya: 1) Perkembangan literasi numerasi anak usia dini melalui pengimplementasian metode NUHETO. 2) Dampak dari penerapan model NUHETO dalam mengembangkan literasi numerasi anak usia dini, di kelompok B RA Nahdatul ulum. Studi ini mempergunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Data dikumpul melalui wawancara, observasi, dokumnetasi serta dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil studi ini ialah, metode Nuheto bisa meningkatkan kemmauan literasi numerasi siswa hal ini terlihat dari 7 siswa mecapai tingkatan berkembang sangat baik. Dampak dari metode tersebut yakni kegiatan pembelajaran tidak hanya fokus pada hasil akhir, tapi juga pada proses pembelajaran aktif, partisipatif, menyenangkan, yang merupakan prinsip penting dalam pendidikan anak usia dini.
Kata Kunci : NUHETO, Literasi, Numerasi
Referensi
Anggryani, I., Na’imah, N., & Meriyati, M. (2023). Strategi Meningkatkan Sikap Sosial Positif Anak melalui Bermain Aktif dan Pasif di PAUD Nusantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4491–4499. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3970
Jusmirad, M., Angraeini, D., Faturrahman, M., Syukur, M., & Arifin, I. (2023). Implementasi Literasi Dan Numerasi Pada Program MBKM Dan Dampaknya Terhadap Siswa SMP Datuk Ribandang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 303–310. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1687
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Putri, A. A., Sumantri, M. S., & Hapidin, H. (2024). Critical Thinking Ability of Early Childhood Education. 2017, 2–5. https://doi.org/10.4108/eai.30-10-2023.2343102
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d (cetakan ke). Alfabeta.
Sulastri, S., Nisa, A. F., & Cahyani, B. H. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Permasalahan Struktur Materi Bilangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(1), 39–50. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.1.39-50
Wahyuni, A. (2022). Membangun Literasi Numerik Dan Sains Paud Untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3103–3108. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i11.1715
Yusty, Y., & Tesmanto, J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Hitung-Menghitung PAUD Azzahra Kalideres Jakarta Barat. Intelektium, 2(2), 196–200. https://doi.org/10.37010/int.v2i2.412
